Jumat, 29 Maret 2024

Batam Dapat Tambahan Daging Impor 580 Ton

Berita Terkait

Ronal pedagang daging sapi beku menimbang daging pesanan langganannya, Jumat (4/5). Menurut Rozi pemiliki kios daging harga daging beku dijual dengan kisaran harga 80 hingga 85 perkilo sesuai sengan kualitas daging. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Batam mendapat tambahan lagi impor daging beku sebanyak 580 ton dari April hingga Oktober nanti. Daging-daging tersebut akan datang dari tiga negara yakni Australia, Spanyol dan Selandia Baru.

“Kuota impor daging beku itu ditentukan Kementerian Perdagangan. Dan perusahaan yang ingin mengimpor daging harus datang ke BP yang bertugas mengeluarkan izin impor,” kata Direktur Lalu Lintas BP Batam, Tri Novianto, Jumat (4/5).

Diantara tiga negara, pasokan daging paling banyak dari Australia sebanyak 455 ton. Sedangkan Spanyol sebanyak 50 ton, Selandia Baru sebanyak 25 ton dan Amerika sebanyak 50 ton.

Tri menjelaskan, selain daging, ketiga importir itu juga memasok lidah, bibir, hati, jantung dan paru-paru. Selain mensuplai daging lembu kata Tri, Australia juga memasok daging biri-biri dan kambing.

Sebelumnya, Batam mendapat jatah kuota daging sebanyak 2.631 ton dari periode Oktober hingga saat ini.Sedangkan untuk daging sapi lokal, Novi mengatakan tidak ada pembatasan dan bukan wewenang BP Batam dalam menentukannya.“Mengapa pusat menentukan kuota impor. Karena untuk menjaga industri dalam negeri agar tetap berkembang,” katanya.(leo)

Update