Jumat, 29 Maret 2024

Atasi Banjir, BWS Sumatera IV Normalisasi Sejumlah Sungai

Berita Terkait

batampos.co.id – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV melakukan normalisasi di beberapa titik sungai guna mengurangi tingkat sedimentasi yang cukup tinggi sehingga menghambat aliran air menuju hilir.

Kepala BWS Sumatera IV, Ismail Widadi mengatakan salah satu aliran sungai yang saat ini dinormalisasi adalah Patam Lestari, Sekupang. Sebelumnya pihaknya juga telah menormalisasi aliran air di Tibanlama.

“Kami menurunkan dua alat berat langsung untuk mempercepat pengerjaan normalisasi drainase ini,” kata Ismail, Jumat (4/5).

Ia menjelaskan beberapa titik drainase memang merupakan tanggung jawab dari BWS Sungai IV, selain normalisasi yang dilakukan Pemerintah Kota Batam sendiri.

Saat ini pengerjaan normalisasi sudah mengarah kepada sungai yangb berada di Patam Lestari. Dua alat berat tengah bekerja. “Sebagian sedimen sudah diangkat, sehingga aliran air lebih lancar,” sebutnya.

Pengerjaan ini diharapkan bisa menghindarkan 1.860 KK terbebas dari banjir saat terjadi peningkatan debit air. Sebelumnya pihaknya juga telah melakukan nrmalisasi di Seilangkai, Sagulung.

Selain itu, lanjut Ismail saat ini pihaknya tengah mengerjakan pembukaan jalur untuk pelebaran drainase yang ada di Tanjung Piayu, Seibeduk. Tahun ini BWS Sumatera IV menganggarkan sedikitnya Rp 6 miliar.

“Tahun ini kami buka dulu, tahun depan baru lanjut bangun,” tutupnya.(yui)

Update