Berkat sarung tangan responsif tousch screen, biker tak perlu repot-repot meleps sarung tangan saat mengoperasikan gadget (motorbikewriter.com)

batampos.co.id – Pembaca, tahukah Anda beberapa sarung tangan sepeda motor dilengkapi dengan lapisan khusus di bagian ujung jari telunjuk. Sehingga sarung tangan bisa digunakan untuk mengoperasikan smarphone layar sentuh, unit GPS dan MP3. Namun keberadaan sarung tangan seperti itu tak gampang ditemukan.

Sensor layar sentuh mendeteksi muatan listrik statis yang ditransfer ke jari, kemudian menjatuhkan tegangan pada titik layar dan mengaktifkan fungsi tombol. Sarung tangan biasa tak bisa untuk melakukan hal tersebut. Sedangkan sarung tangan sensitif layar sentuh dilengkapi dengan bahan konduktif listrik statis di bagian ujung jari.

Menurut motorbikewriter.com, ada dua produk yang bisa digunakan untuk membuat sarung tangan menjadi bersifat konduktif. Yaitu Glove Tacts dan Farkle Finger.

Glove Tacts adalah stiker faux-suede tipis yang bisa ditempelkan ke bagian permukaan sarung tangan. Terutama di bagian ujung jari. Stiker ini bisa menempel hampir di semua jenis bahan sarung tangan, dalam kondisi masih baru maupun sarung tangan yang sudah lama. Permukaan sarung tangan yang akan ditempeli harus dibersihkan terlebih dulu.

Stiker ini dibuat dari bahan bernama AX Suede Connect yang menggunakan senyawa organik. Bahan tersebut meniru mekanisme kerja saat kulit berinteraksi dengan layar sentuh elektronik. Produk ini diklaim tahan abrasi, cocok bagi pengendara. Meskipun tahan lama, beberapa keterangan mengungkapkan bahwa bahan ini dapat kehilangan kemampuannya jika terlalu sering dicuci.

Bahan berikutnya yaitu Farkle Fingers. Produk ini berwujud kantung kecil yang menutupi jemari sarung tangan. Satu sisi dibuat dari nilon yang berbentuk melengkung sementara sisi yang lainnya dibuat dari bahan konduktif. Bahan ini lebih prakti namun kekurangannya yaitu dikawatirkan dapat mengakibatkan hilangnya kepekaan tangan mengontrol tuas rem maupun kopling. Sebab pemasangan Farkle Fingers akan menambah ketebalan sarung tangan. Di sisi lain, kelebihan Farkle Finger yaitu tidak akan mengakibatkan tergenincir karena memiliki grip karet atau lateks.

Jika kedua bahan itu sulit dperoleh, Anda bisa membuat sarung tangan menjadi responsif touch screen dengan cairan Any Glove atau Nanotips. AnyGlove adalah cairan yang akan mengubah sarung tangan biasa menjadi sebuah sarung tangan yang bisa digunakan untuk layar sentuh. Bagaimana cara pemakaiannya? Anda cukup menuangkan sedikit cairan ini di ujung sarung tangan. Kemudian didiamkan beberapa saat. Setelah kering, jemari sarung tangan sudah berubah menjadi responsif touch screen.

Nah, sekarang Anda tak perlu melepas sarung tangan saat harus melakukan ck posisi di GPS, memilih menu MP3 atau membalas SMS.

(tjb/JPC)

Respon Anda?

komentar