Iklan
KM Kelud . foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Menyambut hari raya libur lebaran, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Batam kembali melayani mudik gratis dengan bekerjasama dengan Pelindo.

Iklan

Manager Operasional Pelni Cabang Batam, Toro mengatakan tahun ini KM Kelud sebagai angkutan mudik lebaran kembali berpartisipasi dalam membantu pemudik kembali ke kampung halamannya.

“Kami hanya sebagai penyedia jasa saja, untuk tiketnya ditanggung oleh Pelindo,” kata Toro, Sabtu (5/5).

Ia menyebutkan sesuai dengan rencana, tahun ini ada dua ribu tiket mudik gratis yang akan dibiayai oleh perusahaan yang sudah bekerjasama dengan Pelni Batam.

“Untuk pemberangkatan ada dua tahap nanti. Kalau tak salah tanggal 9 Juni 2018 jadwal pertama khusus untuk Batam tujuan Belawan Medan,” sebutnya.

Ia menegaskan untuk tiket menjadi wewenang dari perusahaan bukan PT Pelni cabang Batam. Perusahaan mungkin memiliki mekanisme tersendiri agar calon pemudik bisa ikut dalam mudik gratis ini.

“Itu sepenuhnya kewenangan mereka. Yang jelas Pelni Batam siap melayani pemudik.

Disinggung mengenai lonjakan pemesanan tiket mudik, Toro menjelaskan hingga saat ini sudah ada pemesanan tiket. “Sudah mulai ada. Mungkin 15 persen adalah pemudik yang memesan tiket,” tambahnya.

Mengenai persiapan menghadapi arus mudik nanti, Toro mengungkapkan masih membahas bersama lintas instansi yang terkait dengan angkutan mudik lebaran.

“Kalau dari Pelni tetap sama. Pelabuhan masih di Batuampar. Mobilisasi bus untuk memudahkan penumpang ke kapal juga sama,” terangnya.

Untuk tiket PT Pelni Batam masih dijual dengan harga sama seperti tahun sebelumnya yakni untuk Batam tujuan Belawan dijual Rp 220 ribu dan Tujuan Jakarta Rp 313 ribu.

Mudik lebaran tahun ini selain KM Kelud, PT Pelni Cabang Batam mendapatkan bantuan satu kapal Doro Londa. Kapal ini akan mulai melayani pemudik tujuan Jakarta Juni mendatang.

Sementara itu, Humas Pelindo Fiona mengatakan untuk tiket nanti calon pemudik harus memenuhi beberapa persayaratan seperti membawa KTP dan Kartu Keluarga. “Mudik gratis tidak hanya laut tapi darat juga ada. Yang laut kami berkerjasama dengan PT Pelni,” ujarnya.

Fiona meambahkan masih menyusun mekanisme untuk tiket mudik gratis ini. “Nanti kami informasikan lagi soal ini. Tahun ini itu ada sekitar 4.750 tiket mudik gratis laut dan darat dari Pelindo,” tutupnya.(yui)