Iklan
Mendagri Tjahjo Kumolo bersama sejumlah Gubernur se-Indonesia menerima penghargaan Top BUMD 2018. Provinsi Kepri diterima Asisten II Syamsul Bahrum di Balai Kartini Jakarta, Kamis (3/5). F. Bank Riau Kepri untuk batampos.co.id 

batampos.co.id – Bank Riau Kepri (BRK) meraih empat Award sekaligus yakni Top Pembina BUMD 2018 untuk Gubernur Riau, Top Pembina BUMD 2018 untuk Gubernur Kepri, The Best Special Category Top BUMD 2018 untuk Bank Riau Kepri, dan Top the Best CEO BUMD 2018 untuk Direktur Utama Bank Riau Kepri DR Irvandi Gustari di Jakarta, Kamis (3/5).

Iklan

Acara ini dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang. Selain itu, acara penghargaan tertinggi ini dihadiri juga Gubernur Jatim Soekarwo, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno, dan 50 Bupati se-Indonesia yang diikuti 200 nominasi BUMD terbaik yang sebelumnya sudah diseleksi dari 1.123 BUMD di seluruh Indonesia.

Ajang yang digelar setiap tahun ini merupakan penghargaan ketiga kalinya diraih BRK. Top BUMD merupakan kegiatan award sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada BUMD-BUMD di Indonesia yang

Dinilai berhasil dalam peningkatan kinerja keuangan dan bisnisnya (delta growth), peningkatan pelayanan pelanggan dan masyarakat umum, serta peningkatan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan bisnis dan investasi di daerahnya dan turut berperan menggerakkan roda perekonomian di Indonesia.

Melalui kegiatan ini diharapkan setiap BUMD khususnya Bank Riau Kepri dapat terpacu berprestasi dan berperan dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional.
Acara yang bertemakan “BUMD Sehat: Kunci Pertumbuhan Ekonomi Indonesia” ini, Mendagri, Tjahjo Kumolo menyampaikan dari total laba BPD se-Indonesia maka jumlah laba yang disumbangkan oleh 26 BPD sebesar 92,7 persen. Sedangkan 206 BPR memberikan kontribusi sebesar 2,95 persen. Sementara itu 387 PDAM hanya memberikan kontribusi laba 0,01 persen dan 424 BUMD Aneka Usaha memberikan kontribusi laba sebesar 4,32 persen. “BUMD di Indonesia masih perlu didorong untuk memberikan kon­tribusi bagi perekonomian daerah,” kata.

Ketua MPR, Zulkifli Hasan mengatakan ke depan dalam mengelola kekayaan yang ada untuk mensejahterakan rakyat dan mencerdaskan bangsa. “BUMD harus diberikan kon­sesi yang luas dalam pengelolaan kekayaan negara,” ujarnya.
Ketua DPD RI, Oesman Sap­ta Odang menegaskan BUMD sebagai salah satu cara me­makmurkan Indonesia. “In­do­nesia bisa makmur dari BU­MD yang modalnya dari kekayaan daerah,” ungkapnya. (cca)