Iklan
Deretan mobil terparkir diarea parkir Pelabuhan Batamcenter saat akan menunggu jemputan, Senin (7/5/2018). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Ronny Franky Sompie menilai kondisi Pelabuhan Ferry Internasional Batamcenter siap menghadapi arus mudik lebaran. Hal itu setelah melihat adanya koordinasi yang baik antara pengelola Pelabuhan dengan Imigrasi Kelas 1 Khusus Batam.

Iklan

“Saya lihat kerjasama antara keduanya cukup baik. Sehingga saya yakin Pelabuhan ini (Batamcenter, red) siap hadapi arus mudik,” terang Ronny usai meninjau kondisi pelayanan di Pelabuhan Ferry Internasional Batamcenter, Senin (7/5) sore.

Jelang lebaran akan banyak tenaga kerja indonesia (TKI) atau tenaga kerja wanita (TKW) yang akan mudik dari Malaysia dan Singapura. Situasi padatnya arus mudik pasti terjadi setiap tahunnya mulai di Pelabuhan internasional atau bandara Internasional.

“Untuk pelayanan, saya lihat juga ada penambahan konter pelayanan cap paspor imigrasi,” imbuh Ronny.

Bahkan, petugas Imigrasi yang bertugas di Pelabuhan mendapat tambahan tenaga dari calon pegawai negeri sipil (CPNS) Keimigrasiaan. Disisi lain, ia datang ke Batam juga melihat proses pelatihan dan pengetahuan CPNS Keimigrasian.

‘Antisipasi lonjakan, petugas Imigrasi juga dibantu CPNS yang kita tempatkan di pelabuhan hingga bandara,” ujarnya.

Sementara Kepala Imigrasi Kelas 1 A Khusus, Lucky Agung Binarto mengatakan ada sekitar 180 petugas Imigrasi yang ditempatkan di bandara hingga seluruh Pelabuhan Internasional Batamcenter.

“Mereka juga dibantu 132 CPNS yang kami bagi ditiap pos,” pungkas Lucky. (she)