Jumat, 29 Maret 2024

Ramadan, Pengawasan Makanan Ditingkatkan

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan pengawasan bahan makanan awal Mei ini.

Dari empat pasar yang dikunjungi dinyatakan bebas dari zat berbahaya, seperti boraks, formalin, rhodamin maupun metanil yellow. Empat pasar itu yakni, Pasar Pujabahari Lubukbaja, Pasar Mega Legenda Batamcenter, Pasar Cahaya Garden Seipanas, Pasar Mitra Raya Batam Center.

“Hasil lab, dinyatakan tidak mengandung zat makanan berbahaya di 4 pasar ini. Insha Allah aman,” kata Kepala Disperindag Kota Batam, Zarefriadi, kemarin.

Menurutnya, uji sampel makanan bersama BPOM merupakan agenda rutin. Hanya saja dalam waktu tertentu, seperti bulan Ramadan intensitas pengawasan ditingkatkan. Karena pengawasan Ramadan ditingkatkan, artinya kegiatan serupa direncanakan akan digelar selama Ramadan.

“Kegiatan ini tidak kaget-kagetan, normal dilakukan. Cuma waktu tertentu seperti sekarang kita tingkatkan, sampai Ramadan,” katanya.

Selain pengawasan makanan selama Ramadan, Pemko Batam juga sedang mempersiapkan bazar Ramadan di pinggir jalan Raja Haji Fisabillah di depan Edukits hingga Hotel Sydney.

“Konsepnya pasar malam, jual kebutuhan Ramadan. Buat Sahur, berbuka dan hingga sembako,”ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Batam Muhammad antusias menunggu bazar tersebut. Bahkan, ia berharap bazar bisa sampai pukul 00.00 WIB. Dia pribadi merencanakan, selepas tarawih dan safari ramadan ingin kerap mendatangi bazar tersebut.

“Kita bisa sambil duduk ngopi, pengen juga duduk di pinggir jalan kayak gitu, udah lama soalnya,” ucapnya. (iza)

Update