Iklan
Kampung nelayan di Segeram Kecamatan Bunguran Barat di Natuna. F. Aulia Rahman/Batam Pos

batampos.co.id – Ancaman abrasi pantai terjadi di Natuna. Kondisi Natuna yang terdiri dari pulau-pulau yang berada di perbatasan Laut Cina Selatan rawan diterjang gelombang pasang. Salah satu pantai yang teracam abrasi berada di wilayah Kecamatan Serasan Timur dan kawasan pantai Kecamatan Bunguran Selatan. Beberapa penyebabnya wilayah pantai Kecamatan tersebut terkena imbas musim angin utara.

Camat Serasan Timur, Khaidir mengatakan, kondisi sebagaian besar wilayah pesisir di Serasan Timur sangat rawan ancaman abrasi pantai dan air pasang. Dan terus mengurangi luas wilayah pantai di Serasan Timur.

”Setiap tahun wilayah pantai mengalami dampak musim angin utara. Kami mengharapkan adanya kepentingan pemerintah mencegah bertambahnya kerusakan pantai,” kata Khaidir Rabu (9/5).

Bahkan, katanya, musim angin utara menjadi kendala pembangunan di kecamatan yang bersebelahan Kecamatan Serasan. Karena sudah mengkhawatirkan akan merusak pemukiman masyarakat yang berada di kawasan pantai dan jalan yang sudah dibangun pemerintah.

Sejauh ini katanya, masyarakat setempat sudah melakukan upaya secara swadaya membangun tanggul untuk menahan gelombang laut di musim angin utara dan menanam mangrove. Namun usaha masyarakat tersebut belum maksimal untuk menangkal gelombang pantai.(arn)