Warga memasang iklan spanduk di batang pohon di Jalan R Suparpto, Tembesi, Sagulung. Pemasangan iklan di pohon seperti ini tidak dibenarkan yang membuat jelek pemandangan kota. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertamanan (Disperamkimtan) menertibkan spanduk yang terpasang di pohon yang ada di sepanjang jalan Sekupang, Batamcenter dan beberapa titik lainya.

“Rata-rata yang kami tertibkan itu spanduk tentang kampus hingga sekolah yang membuka pendaftaran siswa baru,” kata Kepala Bidang Pertamanan Disperkimtan Batam, Irwan Saputra, Kamis (10/5).

Ia mengakui mengalami kesulitan menertibkan spanduk ilegal ini. Sebab tidak ada tim yustisi seperti yang ada di bidang persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam. “Hari ini kami cabut, besok mereka pasang lagi. Padahal mengganggu ketertiban umum,” ungkap dia.

Irwan mengungkapkan setiap satgas pertamanan melakukakan perawatan selalu saja ditemukan spanduk atau stiker terpaku di pohon. Tindakan ini sangat disayangkan. Warga yang ingin memasang pemberitahuan seharusnya mengurus ke instansi terkait. “Jangan sampai mengorbankan pohon-pohon ini,” imbuhnya.

Untuk memberikan efek jera, pihaknya akan berkooridnasi dengan bidang persampahan DLH untuk bisa menindak warga yang melakukan pelanggaran ketertiban umum ini.

“Kalau memungkinkan bisa ditindak kenapa tidak,” lanjutnya.

Ia mengimbau kepada mereka yang ingin promosi untuk bisa melakukanya dengan tepat dan jangan mengorbankan pohon. “Ada instansi yang membawahi periklanan ini,” tambahnya.

Pihaknya juga akan menyurati kampus maupun seklah yang sering memasang infomasi di pohon. “Ya ini seperti teguran tertulis. Dan kami berharap tak diulangi lagi,” tutupnya.(yui)

Respon Anda?

komentar