Jumat, 29 Maret 2024

Penerbangan Batam-Yogja dan Sebaliknya Tertunda

Berita Terkait

Ilustrasi calon penumpang di bandara Hang Nadim, Batam F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Penerbangan dari Batam ke Yogjakarta, maupun sebaliknya mengalami penundaan penerbangan, seiring muntahan abu vulkanik disertai semburan uap panas Gunung Merapi sekitar pukul 07.30 WIB kemarin.

Seperti yang dikatakan oleh Direktur Usaha Bandar Udara Hang-Nadim Batam, Suwarso kepada Batam Pos, Jumat (11/5) siang.

“Dari Bandara Hang Nadim Batam tujuan Yogjakarta hanya sekali penerbangan saja dalam sehari, yang jadwal terbangnya pukul 15.00 WIB. Begitu juga sebaliknya dari Yogjakarta ke Batam juga sekali penerbangan dalam sehari yang jadwal terbangnya pukul 12.00 WIB. Semua penerbangan dari Yogjakarta ke Batam, sebaliknya hari ini (kemarin) tertunda,” ujar Suwarso.

Sebenarnya, lanjutnya, Bandara Adi Sucipto Yogjakarta, siang hari sudah dibuka pasca semburan abu vulkanik Gunung Merapi pagi hari kemarin. Namun untuk penerbangan ke Batam, memang tertunda.

“Begitu juga penerbangan dari Batam ke Yogjakarta sore ini juga tertunda keberangaktannya,” terangnya.

Hal tersebut diakibatkan rotasi yang tertahan atau tidak lancar. Harusnya, lanjut Suwarso, pesawat Lion Air JT 277 Boeing 737 dari Bandara Adi Sucipto Yogjakarta terbang ke Batam. Sampai di Batam, pesawat sore harinya akan kembali terbang ke Yogjakarta.

“Karena rotasi itulah, terjadi penundaan. Sampai sore ini sekitar pukul 16.15 WIB masih terjadi penundaan penerbangan oleh penumpang pesawat Lion Air JT 277 ke Yogjakarta. Begitu juga dari Yogjakarta yang harusnya siang tadi sudah sampai, belum juga berangkat dari Yogjakarta,” terang Suwarso.

Apakah nantinya penumpang akan dialihkan penerbangannya menggunakan pesawat Lion Air lainnya, Suwarso mengatakan, rencana tersebut sampai berita ini di ketik, belum ada pengalihan penumpang ke pesawat lainnya.

“Ini masih delay, menunggu pesawat dari Yogjakarta terbang ke Batam,” ujar Suwarso. (gas)

Update