Sabtu, 20 April 2024

Tahap Satu, Tidak Semua Kelurahan Dapat Jatah Sembako Murah

Berita Terkait

Warga Kelurahan Sungai panas dan Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batamkota antri saat membeli sembako murah yang digelar oleh Disperindag Kota Batam didepan Edukit Batamcenter, Kamis (10/5). Bazar sembako murah ini setidaknya bisa membantu masyarakat yang membutuhkan dengan harga yang murah. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Tahap pertama penyaluran sembako murah tidak merata di semua kelurahan, artinya ada kelurahan yang tidak mendapat putaran pertama dan harus menunggu putaran kedua. Padahal, kehadiran sembako murah tahap awal guna membantu masyarakat tidak mampu menjelang Ramadan.

Seperti yang terjadi di Batamkota. Untuk diketahui, 6 ribu paket sembako murah di kecamatan ini dibagi hari ini, Kamis (9/5). Namun dari enam kelurahan yang ada, hanya empat kelurahan yang akan menerima tahap awal yakni Seipanas, Teluk Tering, Sukajadi dan Taman Baloi. Sementara, dua kelurahan lain menunggu tahap dua yang diperkirakan Desember mendatang.

Camat Batam Kota Muhammad Fairuz Batubara menyebutkan, penentuan ini berdasarkan wilayah dan sudah melalui kesepakatan antar kelurahan. Bahkan, ia menyebutkan sistem seperti ini sudah dilakukan tahun lalu.

“Empat kelurahan ini dekat-dekat. Jadi gini, saya bekerja dan udah ngatur dan didudukkan denga lurah, enggak mungkin saya ambil keputusan sepihak,” kata dia.

Sistem seperti di Batam Kota ini berbeda dengan kecamatan lain yang menerapkan setiap kelurahan masing-masing setiap kelurahan mendapatkan kuota baik pada tahap pertama maupun kedua. Soal ini, Fairuz menegaskan sistem yang dilakukan di Batamkota sudah tentu berbeda sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing.

“Jangan banding-banding, urusan kami urusan Batamkota, urusan belakang padang urusan Belakangpadang. Jangan samakan karakter kami dengan karakter yang lain, antar RT saja berbeda karakter apalagi antar kecamatan,”paparnya.

Menurutnya, untuk empat kelurahan tahap pertama ini akan di pusatkan pembagiannya dilakukan di dua lokasi, pertama di depan Edukit untuk Kelurahan Seipanas dan Teluk Tering. Sementara, Kelurahan Sukajadi dan Taman Baloi dipusatkan di Golden Gate Imperium.

“Kelurahan Belian dan Baloi Permai nanti di tahap kedua,” ungkapnya.

Ada kelurahan yang tidak dapat pada tahap pertama juga terjadi di Seibeduk yang akan dibagikan dalam waktu dekat ini. Dari empat kelurahan yang ada, hanya dua kelurahan dulu yang mendapat kuota menjelang Ramadan ini. Yakni, KelurahanTanjungpiayu dan Duriangkang dengan total 4 ribu paket, jika dibagi setiap keluarah mendapat 2 ribu paket.

“Udah sepakat sama lurah, mau diratakan ( seribu paket per tahap pada setiap kelurahan) mereka bilang ribet juga,” ucap Sekretaris Camat Seibeduk Gufron.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Batam Sri Miranthy Adisthy menyebutkan, pada dasarnya tahun ini Pemko Batam menyediakan 128 ribu paket yang dibagi ke seluruh kelurahan.. Namun sistem penyalurannya dikembalikan ke camat dan lurah.

“Yang penting 2 ribu per kelurahan untuk tahun ini,”katanya.

Hal serupa juga disampaikan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam Zarefriadi.

“Kalau kami menyiapkan dan membagikan. Soal penerima tanya kelurahan dan kecamatan,” kata Zarefriadi. (iza)

Update