Iklan
Trump dan Kim Jong Un akan bertemu di Singapura (Getty Images)

batampos.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan bertemu Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di Singapura pada 12 Juni mendatang.

Melalui akun Twitter-nya, Trump menuliskan, “Pertemuan antara Kim Jong Un dan saya sendiri akan berlangsung di Singapura pada 12 Juni. Kami berdua akan mencoba menjadikannya momen yang sangat spesial untuk Perdamaian Dunia!

Acara tersebut akan menjadi pertemuan pertama antara presiden AS dan Pemimpin Tertinggi Korut. Mereka diharapkan akan membahas denuklirisasi sebab program pengembangan dan pengujian senjata nuklir Korut menimbulkan ketegangan jangka panjang antara Washington dan Pyongyang.

Kementerian Luar Negeri Singapura mengonfirmasi pada Kamis malam, (10/5), kalau Singapura akan menjadi tuan rumah acara tersebut.

“Singapura dengan senang hati menjadi tuan rumah pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald J Trump dan Kim Jong Un pada 12 Juni 2018.”

“Kami berharap pertemuan ini akan memajukan prospek perdamaian di Semenanjung Korea,” kata Kemenlu.

Singapura dipuji karena kenetralannya, tingkat ketertiban umum, dan rekam jejak yang tinggi dalam menyelenggarakan pertemuan tingkat tinggi menjadi salah satu daftar tempat untuk melangsungkan Kejasama Tingkat Tinggi (KTT) yang yang pertama antara para pemimpin AS dan Korut tersebut.

Sebelumnya, Singapura dan Zona Demiliterisasi (DMZ) yang membagi semenanjung Korea disebut-sebut akan menjadi tempat pertemuan keduanya. Namun, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa KTT tidak akan diadakan di DMZ pada Rabu (9/5), seperti dilansir The Strait Times, Kamis (10/5).

Pengumuman Trump tersebut diumumkan hanya beberapa jam setelah tiga orang Amerika yang telah ditahan di Korut tiba di pangkalan militer AS di luar Washington, yang telah dibawa kembali oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo setelah pembebasan mereka oleh Korut.

(ina/trz/JPC)