Jumat, 29 Maret 2024

Kalapas Batam Apresiasi BP Batam

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas II A Batam Surianto apresiasi kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam bersedia memberikan lahan untuk pembangunan Lapas khusus Wanita di pulau Setokok ke Kementrian Hukum dan HAM RI.

“Luas lahan lebih dari 9 hektare. Kemarin Pak Menteri (Kemekumham RI Yosanna H Laoly) sudah ketemu dengan pihak BP Batam. Kami sangat berterima kasih,” ujar Surianto,

Penyerahan lahan tersebut bukti kerja sama yang baik antara BP Batam dengan Kemenkumham RI untuk mengatasi kekurangan kamar penjara dan gedung Lapas di Batam. Batam saat ini diakui Surianto belum memiliki Lapas Khusus Wanita. Warga binaan wanita masih numpang di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA).

Bahkan sebelum numpang di LPKA, napi wanita sempat bergabung dengan napi pria lain di Lapas Batam. Padahal situasi Lapas Batam saat itu bahkan hingga saat ini over kapasitas tiga kali lipat dari daya tampung idealnya.”Persoalan lama ini sudah mulai perlahan diatasi. Semoga secepatnya terealisasi (pembangunan LP Khusus Wanita) ,” harap Surianto.

Disinggung terkait teknis pengerjaan dan daya tampung Lapas Khusus Wanita yang akan dibangun itu, Surianto enggan berkomentar banyak sebab bukan kewenangan dia lagi.

Seperti yang diketahui BP Batam telah menyerahkan lahan seluas 9,98 hektare di pulau Setokok kepada Kemenkumam RI untuk membangun Lapas Wanita. Penyerahan lahan itu dilakukan secara simbolis oleh kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo kepada Menteri Hukum dan HAM RI Yosanna H Laoly di hotel Best Western Premiere, Senin (7/5). (eja)

Update