Andy Wibowo, atlet Indonesia berada di podium pertama keluar sebagai Juara I Bintan Triathlon 2018 kategori Olympic Distance Men di Nirwana Gardens Lagoi, Sabtu (12/5). F. Slamet Nofasusanto/batampos

batampos.co.id – Triatle Indonesia, Andy Wibowo keluar sebagai Juara Bintan Triathlon 2018 kategori Olympic Distance Men yang dilaksanakan di Nirwana Gardens Lagoi, Sabtu (12/5). Ia mencatatkan waktu tercepat untuk etape renang 1,5 kilometer (km), sepeda 40 km dan lari 10 Km dengan waktu 2 jam, 9 menit dan 19 detik.

Disusul atlet asal Inggris, James Middledetich yang meraih posisi kedua yang mencatatkan waktu 2 jam, 17 menit dan 41 detik. Kemudian posisi ketiga disabet atlet asal Irlandia, Liam Winston dengan catatan waktu 2 jam, 18 menit dan 5 detik.

Sedangkan kategori Olympic Distance Women disabet atlet asal Jerman, Jennifer Zenker dengan catatan waktu tercepat 2 jam 15 menit dan 56 detik. Disusul atlet asal Indonesia yang juga Ambasador Ironman 70.3 Bintan yakni Inge Prasetyo di posisi kedua dengan catatan waktu 2 jam, 24 menit dan 23 detik. Kemudian di posisi ketiga diraih atlet asal Prancis, Charlotte Henry dengan mencatat waktu 2 jam, 30 menit dan 37 detik.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira menyampaikan, Andy sudah tiga kali berturut-turut menjuarai Bintan Triathlon Bintan. ”Ia menang di tahun 2015,2016 dan tahun 2018,” katanya.

Group General Manager PT. Bintan Resorts Cakrawala (BRC) Abdul Wahab mengatakan, kegiatan yang digelar dari tanggal 12Mei hingga13 Mei 2018 tersebut diikuti 1.300 atlet dari 49 negara.

”Tahun ini partisipasi peserta meningkat 15 persen sekaligus peserta terbanyakselama14 kali event Bintan Triathlon dilakukan,” katanya.Jumlah peserta terbanyak berasal dari Perancis, Inggris, Tiongkok, India, Jepang, Singapura, Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Pelaksana Kalender Event Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Esthy Reko Astuti menyampaikan, acara Bintan Triathlon menambah jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik ke wilayah Bintan. Selama pelaksanaan acara, kunjungan wisatawan di Bintan mencapai 4.000 orang.

”Kemenpar RI terus mensupport event yang dilakukan di Kabupaten Bintan,” ujarnya.
Ia menjelaskan, dari 100 event yang masuk kalender Wonderfull Event, 7 diantaranya di Kepri. Dimana 3 event berada di Kabupaten Bintan. Yakni, Bintan Triathlon, Ironman 70.3 dan Tour de Bintan. Bahkan acara ironman70.3 masuk dalam top 10 event nasional. Karenanya, target kunjungan wisatawan ke Bintan dinaikkan 100 ribu, dari 400 ribu jadi 500 ribu.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, sejumlah event yang dilaksanakan berhasil menyumbang angka kunjungan wisatawan baik dari mancanegara maupun nusantara di Kabupaten Bintan.Disebutkannya dari sejumlah event yakni Tour de Bintan, Ironman 70.3 Bintan, dan Moonrun Bintan, event Triathlon Bintan telah mencatatkan sejarah olahraga sebagai event yang menyumbang kunjungan wisatawan tertinggi. Dimana, 60 persen sektor pariwisata telah menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Bintan.

”Semoga makin banyak event yang menyumbang angka kunjungan wisman ke Kabupaten Bintan,” pungkas Apri. (met)

Respon Anda?

komentar