Iklan
PESERTA sedang mengerjakan soal saat mengikuti kompetisi sains madrasah, Sabtu (12/5). F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Kantor Kementerian Agama Karimun menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA), Sabtu (12/5) lalu. Total perserta yang ikut kompetisi berjumlah 99 pelajar.

Iklan

”KSM ini digelar di selu­ruh kabupaten/kota se-Kepri. Pendaftaran melalui online. Namun pe­laksanaannya masih mengguna­kan sistem kertas pensil (KP),” ujar Kasi Kesiswaan bidang madrasah Kanwil Kemenag Kepri, Suparno.

Sedangkan pelaksanaan KSM se-Kepri diikuti sebanyak 593 peserta dengan rincian peserta terbanyak dari Batam, yakni 283 pelajar, Karimun 90 peserta, Bintan 43, Lingga 47, Tanjungpinang 35, Anambas 17, dan Natuna sebanyak 70 peserta.
’’Secara umum pelaksanaan KSM berjalan lancar. Ke depan di tingkat provinsi dilaksanakan sistem Computer Base Test (CBT),’’ jelasnya.

Ketua Pelaksana KSM Kamenag Karimun, Ratna Su­santi mengatakan, peserta yang ikut mulai tingkat MI ada 18 peserta, MTs 42 dan MA 39 peserta de­ngan menggunakan 6 lokal. Sedangkan, bidang studi yang di­ujikan yaitu Matematika dan IPA untuk tingkat MI, kemudian Ma­tematika, IPA dan IPS untuk MTs. Terakhir tingkat MA yaitu Matemati­ka, Biologi, Fisika, Kimia, Ekono­mi dan Geografi.

’’Peserta yang nil­ainya tinggi nanti akan mewa­kili Provinsi Kepri. Mudah-mudahan, bisa lolos seleksi untuk ikut di tingkat nasional,’’ ungkapnya.
Pantauan di lapangan, para pe­serta serius mengisi lembar jawab­an yang ada di meja masing-masing. (tri)