foto: Ferri untuk batampos

batampos.co.id – Tim MAS dari Riau tampil sebagai juara umum Polda Kepri Archery Open Tournament, Minggu (13/5). Tim ini berhasil mengumpulkan 6 emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Iklan

“Mereka berhak atas Piala Nusantara Polda Kepri,” kata Ketua Pelaksana Turnamen, Feri Pamungkas, Senin (14/5).

Feri mengatakan enam emas dikumpulkan oleh tim MAS dari kategori kualifikasi umum individual putri yang diraih Sella Triadi, kualifikasi Barebow Umum Individual Putra oleh Muslim, eliminiasi umum individual putri direbut Dian Yozanda, eliminasi Barebow Umum Individual Putra disabet Muslim, eliminasi umum beregu putri oleh Sella Triadi, Dian Yozanda dan Ratwa Mustafina.

“Satu emas tim MAS disumbang juga oleh atlet Selle Triadi, M Pachtur Arif dari kategori Eliminasi Umum Beregu Campuran,” ucap Feri.

Sedangkan tempat kedua direbut kontingen dari BIFZA ASC Batam, dengan raihan 3 emas, 7 perak dan 9 perunggu. Raihan emas tim BIFZA disumbang dari kategori kualifikasi SD Individual Putri yang disabet atlet Nada Salima.

“Kategori SD indivdiual putri disabet atlet BIFZA, Nadia Jasmine Maharani. Emas ketiga diraih Muhammad Efyan, Nada Salima dari kategori eliminasi SD beregu campuran,” ungkapnya.

Tempat ketiga diisi kontingen dari Johor, Malaysia, dengan perolehan 3 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

“Emas mereka ini disumbang dari ketegori umum beregu putra, eliminasi SD beregu putri dan eliminasi SD individual putra,” ujar Feri.

Untuk hadiah utama berupa 3 buah recurve bow dari Dragon Archery Singapura diberikan kepada Muslim dari Mas Riau, Dian Yozanda dari MAS Riau dan Nalananda Rofif Wirambara dari San Archery Tanggerang.

Terkait dengan even ini, Feri mengatakan tahun depan diadakan turnamen serupa. Karena pihak Polda Kepri meminta kegiatan ini menjadi acara tahunan.

“Kami berharap tahun depan mendapat dukungan dari¬† berbagai pihak seperti KONI Kepri dan Koni Kota, Kadispora Provinsi, Kadis Pariwisata Kota Batam,” seperti saat ini ucapnya.

Ketua Koni Kepri, Jhon Kenedy juga hadir dalam acara pembukaan turnamen archery polda open. Ia mengatakan kegiatan seperti ini sangat positif, apalagi diikuti oleh beberapa daerah di luar Indonesia, seperti Singapura dan Malaysia. Tentunya menambah nilai kompetisi dalam pengembangan olahraga Panahan di Kepri.

Sementara itu Kapolda Kepri, yang diwakili oleh Irwasda Kombes Pol Heru Paranoto merasa  senang turnamen yang memperebutkan 28 medali emas ini berjalan sukses. Turnamen ini diharapkan sebagai persiapan atlet-atlet menghadapi Pra PON dan kejuaraan lainnya.

“Adanya turnamen ini dapat meningkatkan gairah masyarakat akan olahraga cabang panah. Dan juga meningkatkan keahlian para atlet,” tuturnya.

Direktur Binmas Polda Kepri, Kombes Pol Sunarwan Sumirat sebagai Pembina turnamen merasa puas. Ia berharap kegiatan ini mejadi penambah semangat, dalam mencari bibit unggulcabang olah raga panahan. Sehingga dapat membawa nama Indonesia di kancah international.

Saat pembukaan turnamen ini dihadiri juga oleh Kabid Olahraga Provinsi Kepri, Jasman. (ska)