Iklan
Petugas berjaga di pintu masuk Mapolres Tanjungpinang, Senin (14/5). F. Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Jajaran Polres Tanjungpinang terus meningkatan pengamanan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap teror bom. Bahkan pengamanan objek vital di Tanjungpinang akan melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Iklan

Usai bom bunuh diri di Mapolrestabes Surabaya, Polres Tanjungpinang juga memperketat pengamanan berlapis di Mapolres Tanjungpinang, Senin (14/5). Polisi juga mengerahkan puluhan personel untuk berjaga di setiap tempat ibadah, pelabuhan, bandara dan sejumlah pusat keramaian serta di seluruh titik di Tanjungpinang.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, pengamanan tidak hanya dilakukan pasca kejadian teror di Surabaya, namun pengamanan dilakukan setiap saat untuk menjaga keamanan dan ketertiban. “Menjaga keamanan sudah menjadi tanggung jawab polisi,” katanya.

Saat ini kondisi dan situasi Tanjungpinang, kata Ucok, masih kondusif. Tidak ada laporan dan gangguan apapun. Menurutnya, kondisi tersebut berkat adanya toleransi tinggi serta komunikasi yang intens antara semua elemen masyarakat sehingga kerukunan umat beragama pun tercipta dengan baik. “Tanjungpinang saat ini aman dan kondusif, tapi tetap siaga satu,” kata Kapolres.

Aksi teror, lanjut Ucok, tidak bisa diprediksi dan dihindari. Dapat dipastikan setiap tempat tidak pernah terlepas dari berbagai ancaman teror. Untuk itu pihaknya selalu bersinergi bersama TNI dan pemerintah daerah. Sinergi dengan seluruh elemen masyarakat dalam juga sangat diperlukan menciptakan keamanan dan ketertiban.

“Masyarakat punya peran untuk melakukan deteksi dini terhadap ancaman teror dengan memperhatikan aktivitas mencurigakan di lingkungan mereka,” katanya.

Tidak jauh beda dengan Tanjungpinang, penjagaan pintu masuk Mapolres Bintan juga ditingkatkan.Untuk mengamankan pos penjagaan, Polres mengerahkan satu kompi Dalmas yang dilengkapi senjata laras panjang. Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang menyampaikan, pengamanan siaga satu dilakukan sesuai instruksi pimpinan.(jpg/odi/met)