Iklan

batampos.co.id – Tanaman obat keluarga (toga) yang dibudidayakan oleh warga Kampung Toga, Kecamatan Tebing kini membuahkan hasil. Ada 20 jenis toga yang dihasilkan oleh warga.

Iklan

Kampung Toga adalah hasil kerja sama dengan PKK Tebing dan dua kelompok yaitu kelompok Asuhan Mandiri dan Kunyit Asam. Satu kelompok ada lima rumah yang menanam toga. Tanaman tersebut sudah membuahkan hasil yang bisa dijual kepada masyarakat. Tanaman bisa dibuat menjadi produk makanan maupun obat-obatan.

Ke depannya diyakini bisa dikembangkan menjadi wisata Kampung Toga. Sebab, Kampung Toga Tebing ini sudah melewati penilaian oleh kelompok Asuhan Mandiri Toga tingkat Provinsi Kepri. Apabila Kampung Toga akan menjadi wakil Kepri di tingkat nasional.

Ketua PKK Kabupaten Karimun Raja Asmah memberikan apresiasi atas keberhasilan Kampung To­ga Tebing dalam mengelola tanaman obat. Kare­na memberikan manfaat bagi masyarakat banyak, serta menambah pendapatan keluarga. “Kita PKK Kabupaten Karimun tetap medukung ke­giatan Kampung Toga ini,” ujarnya.

Warga yang ingin menambah ilmu tentang toga bisa datang ke Kampung Toga Tebing, agar lahan di rumah ya­ng masih kosong bisa dimanfaatkan dengan menanam toga.(tri)