batampos.co.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kepri memperkuat pondasi sikap patriotisme kepada pelajar di Kepri. Sempena Hari Marwah Kepri ke-16, Dinsos Kepri menggelar ziarah wisata bersama puluhan pelajar Tanjungpinang di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjungpinang, Selasa (15/5).

Iklan

“Kegiatan ini kita kemas khusus untuk menancapkan semangat cinta Tanah Air,” ujar Kadinsos Kepri Doli Boniara.

Menurutnya, pengenalan ziarah wisata ini menjadi media untuk menanamkan sikap kesetiakawanan sosial. Apalagi hari ini (kemarin, red) merupakan hari bersejarah bagi Provinsi Kepri.

“Banyak pelajar kita bertanya, apa itu hari marwah? Padahal ini adalah hari bersejarah bagi lahirnya Provinsi Kepri,” ujarnya.

Dikatakannya di TMP ini ada ratusan pahlawan yang ikut dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Baik itu pejuang dwikora maupun pejuang trikora. Bahkan, di tempat ini juga disemayamkan mantan Gubernur Kepri, HM Sani yang telah memberikan banyak inspirasi.

“Di sini kita tidak mengenal istilah suku dan agama. Karena mereka semua berbuat yang sama, yakni membela Tanah Air Indonesia,” tegas Doli.

Untuk memberikan pemahaman tentang sejarah, pihaknya juga mengundang penggiat budaya dan sejarah, Raja Malik Hafizal. Menurutnya menjadikan Kepri ini sebagai sebuah provinsi, tentunya membutuhkan perjuangan dan pengorbanan.(jpg)