Iklan
Sejumlah warga sedang melakukan pengurusan dokumen perizinan di di Mall Pelayanan Publik | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Jika tidak ada halangan, maka Online Single Submission akan diluncurkan pada Minggu (20/5) bertepatan dengan hari keempat Puasa Ramadan.

Iklan

“Sejauh ini masih On Schedule. Karena Jumat (18/5) nanti kami juga diundang rapat oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian,” kata Direktur PTSP BP Batam Ady Soegiharto, Rabu (16/5).

OSS direncanakan meluncur secara bersamaaan di seluruh Indonesia. Ady sangat berharap OSS segera bisa diluncurkan karena Batam sudah siap menerapkannya.

“Detailnya belum tahu. Mudah-mudahan tidak meleset,” katanya.

BP Batam memang telah mengajukan Batam sebagai Pilot Projet OSS bersama Purwakarta dan Palu.

“Batam dipilih karena kaitannya dengan industri dan status sebagai kawasan perdagangan bebas,” ungkapnya.

Makanya, bersama Pemerintah Kota (Pemko) Batam, membangun Mall Pelayanan Publik (MPP) sebagai basis penerapan OSS nantinya.

BP Batam kata Ady sudah sangat siap untuk menjadi contoh penerapan OSS yang sukses.

“Kami masih menunggu teknisnya dari Jakarta. Update terakhir adalah penanaman modal sudah bisa memakai tanda tangan digital,” ujar Direktur PTSP BP Batam Ady Soegiharto di PTSP BP Batam, Senin (16/4).

Secara garis besar, BP Batam sudah siap untuk melaksanakan OSS. Ada ratusan perizinan yang sudah diajukan ke pemerintah untuk segera dimasukkan ke sistem OSS.

“OSS ini merupakan penerapan dari Perpres 91/2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha,” katanya.

Dia mengatakan sistem OSS diterapkan untuk mempermudah investor baru dalam mempercepat proses izin usahanya. Sebab, semua proses perizinan bisa dilakukan secara online.

“Mereka tidak perlu lagi datang ke PTSP,” katanya lagi. (leo)