Jamaah haji Tanjungpinang tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, tahun lalu. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Niat untuk menunaikan ibadah haji mesti dibulatkan dan ditekadkan sejak jauh-jauh hari. Pasalnya, merujuk informasi resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) Tanjungpinang, warga yang mendaftar haji tahun ini baru bisa diberangkatkan pada tahun 2031 mendatang.

Kepala Kantor Kemenag Tanjungpinang Erman Zarudin menyarankan, jikalau sudah ada rezeki diharapkan bisa lekas mendaftar. “Karena keberangkatan juga tergantung pelunasan biaya haji. Warga yang menabung belakangan, malah telah lunas terlebih dahulu dari orang lain, maka dia bisa saja dapat diberangkatkan terlebih dahulu,” terangnya, kemarin.

Erman mengatakan, kuota yang didapat Tanjungpinang untuk tahun ini sebanyak 218 orang. Namun untuk kuota kloter berjumlah 450 orang. Sehingga, nantinya jemaah calon haji kloter Tanjungpinang akan bergabung dengan beberapa kabupaten di Kepulauan Riau.

“Kita akan bergabung dengan Natuna, Anambas dan Lingga. Jadi, totalnya sekitar 450 orang untuk satu kloter itu, makanya kita gabung,” terang Erman.

Erman mengajak masyarakat tetap optimistis menguatkan niat menabung guna berangkat ke Tanah Suci. Khususnya bagi pemuda, menurut dia, rencana naik haji harus sudah terpatri sejak dini. Karena di usia 12 tahun, masyarakat sudah bisa mendaftar untuk berangkat haji.

“Jangan menunggu tua, sebaiknya dari sekarang menabung untuk berangkat haji,” pungkas Erman.(aya)

Respon Anda?

komentar