batampos.co.id – Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang kini dilengkapi dengan salah satu alat pengamanan Jet Protektor. Penggunaan senjata tersebut guna menjaga keamanan di area dalam Rutan, jika terjadi gangguan.

Iklan

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Tanjungpinang, Fajar Teguh Wibowo mengatakan Jet Protektor merupakan sejenis senjata genggam yang beramunisi serbuk merica. Apabila digunakan dan mengenai bagian wajah atau mata, akan terasa perih. “Alat ini hanya untuk melumpuhkan dan tidak mematikan,” kata fajar, belum lama ini.

Alat yang diberikan oleh Dirjen Permasyarakatan RI tersebut, kata Fajar, digunakan oleh kepala jaga dan petugas jaga. Dalam penggunaannya, petugas terlebih dahulu diberi pelatihan cara mengoperasikan alat tersebut.”Jarak tembak alat ini sejauh dua meter,” katanya.

Pihaknya mengakui, saat ini petugas jaga juga membutuhkan alat pengamanan lainnya seperti pistol P3 untuk pengamanan Rutan yang maksimal. Namun dengan adanya Jet Protektor, juga menjadikan pengamanan yang cukup maksimal. “Hingga saat ini Rutan masih aman dan terkendali,” pungkasnya. (odi)