Iklan

batampos.co.id – Stok beras di Kabupaten Kepulauan Anambas menipis saat ini. Sejumlah toko kelontong di pasar inpres Tarempa kehabisan stok beras merek tertentu.
“Beras sudah menipis, tadi saya mau beli beras di salah satu kedai, tidak ada,” ungkap Eka, salah satu warga Tarempa yang akan membeli beras di Pasar Inpres Tarempa, kemarin.

Iklan

Namun, kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kepulauan Anambas Usman mengklaim stok beras masih cukup untuk bulan ini. Saat ini stok beras mencapai 335 ton. Masih di atas jumlah konsumsi beras masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas yang hanya 273 ton per bulan.

“Memang sudah tipis tapi masih cukup untuk bulan ini, karena jumlah tersebut stok di distributor, belum lagi stok beras di sejumlah toko,” ujarnya.

Usman juga mengatakan, dalam waktu dua atau tiga hari ini juga akan tiba kapal tol laut yang membawa beras dari Jakarta. Sehingga ketersediaan beras di Anambas nantinya akan terpenuhi. “Dua atau tiga hari ini tol laut tiba, jadi stok beras akan bertambah lagi,” jelasnya.

Ia juga mengatakan ketersediaan sembako di Anambas khususnya di Tarempa, tetap menjadi konsen Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kepulauan Anambas. Pengecekan sering dilakukan bersama pihak kepolisian Anambas.
“Kalau Polres cek sembako, kita juga diajak ke lapangan,” ungkapnya.

Kepolisian saat ini memang memiliki kewenangan turun ke lapangan mengecek ketersediaan sembako. Sebab, kepolisian bagian dari Satuan Tugas (satgas) Pengawasan Pangan.(sya)