ilustrasi

batampos.co.id – Harga tiket pesawat ke sejumlah daerah masih stabil hari pertama puasa, Kamis (17/5).

Iklan

Tetapi ketika calon penumpang memesan tiket seminggu atau H-7 harga tiket sudah naik empat kali lipat.

Staff lion air group di konter penjualan tiket di Bandara Hang Nadim, Junita mencontohkan, untuk keberangkatan hari ini Medan dan Jakarta harga masih normal. Ke medan masih di harga sekitar Rp 400 ribu dan ke Jakarta Rp 500 ribuan.

“Tetapi kalau sudah menjelang cuti bersama, sudah mahal. Tanggal 12 juni saja, sudah sekitar Rp 1,3 juta tujuan medan. Sementara ke jakarta sudah sekitar Rp 1,4 Juta,” katanya.

Ia mengatakan kenaikan harga tiket peswat ini memang sudah lazim setiap tahun menjelang lebaran dan libur natal dan tahun baru. ‘Jadi kalau pesan sekarang, tetapi berangkatnya seminggu sebelum idulfitri sudah mahal juga,’ katanya.

Yanti, karyawan Adulam Tour and Travel Batuaji juga mengatakan bahwa di awal puasa, harga tiket ke sejumlagh daerah di sumatera masih normal. Tetapi seminggu menjelang idulfitri, harga tiket pesawat ke semua daerah naik beberapa kali lipat.

“Kalau besok, ke Medan dan ke Jakartas masih normal lah. Ke padang juga masih belum mahal. Tetapi kalau pemesanan untuk seminggu sebelum lebaran itu mahal. Sudah di atas Rp 1,3 juta,” katanya.

Menurutnya, harga tiket pesawat di semua konter penjulan tiket hampir sama. Dan biasanya seminggu setelah lebaran pun harga masih mahal karena masih arus balik lebaran.

Lina Ernawati, warga Batuaji yang sedang memesan tiket untuk mudik ke Medan di Adulam Tour and Travel juga mengaku kaget karena harga tiket pesawat sudah sangat mahal. Padahal ia rencana mudik bersama suami dan dua anaknya.

“Kalau satu orang Rp 1,3 juta berarti untuk sekali jalan saja harus siapkan Rp 5,2 juta. Naik empat kali lipat dari hari biasa,” katanya.

Ia berpikir, kalau pesan sekarang untuk keberangkatan tiga minggu lagi, harganya masih belum sampai Rp 1 juta.

“Tapi mau bagaimana lagi. Terpaksa harus beli karena memang mudik ini sudah direncanakan,” katanya. (ian)