Iklan
Mustari Abdul Hamid, 40, Panitia Pemutahiran Data Pemilih (Panterlin) untuk 2019 pemilihan Legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden mendata daftar pemilih atau mensensus ulang di rumah Johar Bins Usaman,50 di Perumahan Sumberindo RT 07/RW 12, Tanjunguncangm, Batuaji, Senin (7/5). DPT ditahun 2015 sebanyak 195 dan sementara data baru saat ini 280 di Minggu ke tiga mendata. Dan bisa bertambah data menjadi 300 san lagi setelah selesai didata di RT 07 Saja. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam akan merampungkan tahap pencocokan dan penelitian (coklik), Kamis (17/5) sore nanti.

Tahun ini Batam mendapatkan 826.300 Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pemilu April 2019 mendatang.

“Alhamdulillah hasilnya sudah 90 persen untuk coklik kita,” kata Ketua KPU Batam, Agus Setiawan.

Pencoklikan akan ditutup pukul 18.00 WIB. Selanjutnya hasil coklik ini akan dipetakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Melalui perhitungan ini akan diketahui berapa jumlah calon pemilih yang sudah tidak ada di Batam.

“Nanti di maping per kecamatan, berapa jumlah pemilih yang akan ikut memilih tahun depan,” sebutnya.

Agus menambahkan ada waktu satu bulan untuk pemetaan data pemilih ini. Sebelum nantinya di plenokan tanggal 15-17 Juni mendatang.

“Dalam waktu 30 hari dari sekarang akan didapatkan hasil kecocokan antara DP4 dengan daftar pemilih sementara (DPS) yang akan diusulkan ditetapkan oleh KPU pusat,” ujarnya.

Ia menambahkan, selama proses coklik ada beberapa kendala yang ditemukan yakni warga tengah berada di luar saat tim datang.

Untuk itu, pihaknya masih membuka kesempatan bagi warga untuk melaporkan diri ke PPS. “Jadi mereka masih bisa lapor jika belum dicoklik,” imbuhnya. (yui)