Jumat, 29 Maret 2024

2019 Dishub Pemko Batam Terapkan Parkir Online Di Batam

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam Bakal menerapkan parkir berbasis online di Batam pada Januari 2019 mendatang. Langkah-langkah untuk mempersiapkan penerapan ini sudah berjalan baik dan tinggal menyelesaikan beberapa hal teknis.

Kepala Dishub Kota Batam, Yusfa Hendri, menjelaskan bahwa pihaknya saat ini bahkan sudah menyiapkan aplikasi elektronik yang bisa didownload masyarakat.

“Bulan depan (Juni 2018) kami akan presentasikan perkembangan rencana ini, aplikasinya kita sudah punya tinggal beberapa hal saja,” kata Yusfa, Jum’at (18/5).

Adapun persoalan teknis yang sampai saat ini masih dicari solusinya terkait dimana lokasi uang hasil pembayaran atas pembelian voucher parkir ini. Yusfa menjelaskan, ketika masyarakat membeli voucher parkir elektronik ini dalam jumlah tertentu, mereka melakukan pembayaran di gerai-gerai yang menyediakan voucher.

Hanya saja uang hasil pembayaran voucher ini masih belum ditentukan, masih dalam proses penggodokan dimana medium terbaik untuk hasil transaksi ini.

“Setelah mereka check in dan membayar, uangnya lamgsung ke rekening daerah. Masalahnya untuk pembayaran voucher dari masyarakat ini, kan hasil pembayaran itu belum sepenuhnya milik daerah masih ada pembagian lagi,” sebut Yusfa.

Komisi III DPRD Kota Batam, Ketua Komisi III, Nyanyang Haris Pratamura menyambut baik rencana tersebut. Nyanyang menyampaikan bahwa kinerja Dishub untuk menghasilkan pendapatan daerah harus dimaksimalkan. Dengan memanfaatkan sistem ini diharapkan ruang-ruang yang selama ini menjadi titik lemah Dishub akan menjadi maksimal.

Dari 221 titik parkir di Batam, setidaknya dihatapkan seperempatnya bisa mulai dialihkan pada sistem elektronik. “Kita harapkan itu bisa menambah kinerja Dishub, kita menyesuaikan dengan kemajuan teknologi, di daerah lain sudah diterapkan,” jelasnya. (rng)

Update