Kamis, 25 April 2024

KM Bukit Raya Kandas di Sedanau

Berita Terkait

Petugas mengevakuasi penumpang KM Bukit Raya yang kandas di perairan Sedanau, kemarin.

batampos.co.id – Kapal Pelni KM Bukit Raya kandas di perairan Sedanau, sekitar pukul 12.00 WIB, Jumat (18/5). Kapal tersebut berencana singgah di Pelabuhan Selat Lampa dan melanjutkan perjalanan ke Pontianak.

Kandasnya KM Bukit Raya tersebut dibenarkan Kasat Polair Polres Natuna Iptu Zulkarnain. Menurutnya ratusan penumpang harus dievakuasi dari kapal. Mereka dibawa ke Sedanau. Tindakan ini diambil karena kapal diduga mengalami kebocoran bagian lambung. Akibatnya kapal tidak bisa meneruskan perjalanan menuju Pelabuhan Selat Lampa.

“KM Bukit Raya dalam perjalan dari Tarempa tujuan Selat Lampa, di perairan Sedanau kandas dan belum dapat melanjutkan pelayaran, penumpang kami dievakuasi menggunakan kapal patroli Polair, kapal pengawas KKP, KAL dan feri, sekitar 150 orang penumpang dievakuasi,” kata Zulkarnain.

Kandasnya KM Bukit Raya di perairan Sedanau, sesaat setelah mendadak terjadi cuaca buruk. Lalu kapal menghantam batu karang di alur sekitar Pulau Sedanau. “Saat ini masih menunggu perbaikan kebocoran lambung,” kata Zakaria, warga Sedanau.

Seperti diketahui, KM Bukit Raya merupakan salah satu kapal penyeberangan yang diandalkan masyarakat Natuna sejak 20 tahun lalu. Kapal perintis ini tak hanya mengangkut penumpang tapi juga barang.(arn)

Update