Kamis, 25 April 2024

Satgas Pangan Awasi Pelaku Usaha

Berita Terkait

Ilustrasi

batampos.co.id – Tim Satgas pangan akan mengawasi pelaku usaha selama Ramadan. Pengawasan ini untuk mencegah berbagai modus curang yang dilakukan oknum pelaku usaha, untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya selama Ramadan.

“Tim Satgas pangan mengawasi mulai dari importir, distributor, pedagang hingga pengecer,” kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga, Sabtu (19/5).

Erlangga mengatakan ada beberapa hal-hal yang akan diminimalisir oleh tim satgas pangan, mulaid ari penimbunan sembako, pengoplosan, penambahan zat-zat berbahaya, makanan kadarluarsa serta perdagangan barang yang tidak sesuai dengan aturan yang ada.

“Pengawasan tim satgas pangan ini juga menyasar pelaku usaha yang menghambat lalulintas distribusi sembako, manipulasi data sembako hingga penjualan gula rafinasi dan pengemasan minyak goreng curah menjadi minyak goreng kemasan,” tuturnya.

Dari hasil rapat koordinasi satgas pangan, kata Erlangga ada beberapa faktor yang mempengaruhi ketersediaan bahan pokok di Kepri.

“Pasokan sembako kadang tersendat akibat cuaca, atau sembako yang datang mengalami pembusukan. Hal-hal inilah yang akan diantisipasi ke depannya,” ujarnya.

Erlangga menngatakan tim satgas pangan akan melakukan operasi pasar saat ada lonjakan harga atau kelangkaan. Apabila lonjakan harga akibat tindakan penimbunan, Polda Kepri akan mengambil tindakan represif dan upaya hukum terhadap oknum yang melakukan penimbunan.

“Agar tidak terjadi penimbunan, tim akan turun mengecek gudang-gudang sembako,” ungkapnya.

Hingga kini, kata Erlangga dari pantauan Tim Satgas pangan harga-harga masih normal. “Kalaupun ada perbedaan di setiap tempat, karena pengaruh biaya sewa tempat yang dibebankan pelaku usaha ke konsumen,” ujar Erlangga.

Ia berharap dengan adanya monitoring berkelanjutan ini dapat menekan harga kebutuhan pokok. Sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar, tanpa memikirkan melonjaknya harga sembako. (ska)

Update