Satgas Kabupaten Bintan ketika melakukan sidak gas 3 kilogram di Tanjunguban, Sabtu (19/5). F.Iwan untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Satgas Pangan Polres Bintan bersama Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kabupaten Bintan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pangkalan tabung gas 3 kilogram (kg) di Kecamatan Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam, Sabtu (19/5). Hal ini menyusul adanya keluhan masyarakat terkait tabung gas 3 kg yang diduga bocor atau menyusut.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Bintan, Setia Kurniawan, mengatakan tabung gas yang beredar di lapangan aman dan layak. ”Umumnya hanya kerusakan katup tabung yang bisa terjadi karena proses pengisian gas ke dalam tabung atau ketika digunakan,” ungkapnya.
Oleh karena itu, lelaki yang akrab disapa Iwan ini mengimbau masyarakat untuk teliti sebelum membeli tabung gas 3 kilogram. Pembeli sebaiknya memeriksa katup tabung gas.

”Jika rusak sebaiknya memilih katup yang kondisinya baik. Saya sudah meminta kepada pihak agen untuk dapat segera menggantinya,” ungkapnya.

Demikian juga ketika masyarakat yang menemukan tabung yang bocor. “Apabila dimasukkan ke dalam ember mengeluarkan gelembung air, sebaiknya tidak dibeli atau ditukar dengan tabung gas yang layak,” tutupnya.(met)

Advertisement
loading...