Kapal sedang menunggu bongkar muat di sekitar Pelabuhan Penagi, beberapa waktu lalu. F: Aulia Arahman/batampos..co.id

batampos.co.id – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Natuna Iskandar DJ mengatakan, Pelabuhan Tanjung Payung Penagi tahun ini diperpanjang.
“Tahun ini pe­nam­bahan panjang pelabuhan 100 meter, dari pelabuhan yang sudah difungsikan saat ini,” kata Iskandar.

Pembangunan pelabuhatersebut sudah ditetapkan pemenang tendernya. Dan sudah mulai persiapan menempatkan material dan kelengkapan. Pengembangan Pelabuhan Tanjung Payung Penagi ini, katanya, nantinya dilengkapi gudang dan perlengkapan kran pelabuhan. Tujuannya untuk memudahkan bongkar muat barang di pela­buhan. Selama ini bongkar muat barang membutuhkan waktu yang cukup lama. “Mudah-mudahan persingkat waktu, aktivitas bongkar muat bisa selesai sehari,” katanya.

Saat ini Pelabuhan Tanjung Payung Penagi, sering dikeluhkan para pengusaha. Karena kapal harus mengantre lama untuk bongkar muat barang, mudah-mudahan saja pembangunan pengembangan pelabuhan berjalan lancar,” ujarnya.

Pengembangan Pelabuhan Tanjung Payung Penagi, sambungnya, tahun ini baru sebatas pembangunan pelabuhan. Sementara pembangunan gudang mudah-mudahan direalisasi pemerintah provinsi tahun 2019 mendatang, beserta perlengkapan pelabuhan seperti mesin cran. “Bisa saja nanti, pelabuhan Penagi ini nantinya dikelola badan usaha pelabuhan, supaya lebih tertib dikelola,” ujar Iskandar.(arn)

Advertisement
loading...