Raja Ariza. F. Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tanjungpinang menggelar pasar murah di Komplek Ruko Griya Surya Indah Blok B Nomor 07 Kelurahan Pinang Kencana, Senin (21/5). Ini merupakan gelaran perdana dari 11 titik yang direncanakan akan digelar sepanjang Ramadan.

”Kami cuma mampu 6 ribu saja untuk 11 titik. Tentu itu masih kurang. Kalau Pemprov Kepri mau bikin di Pinang tentu lebih baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza, usai menghadiri pelaksanaan pasar murah, kemarin.

Kendati begitu, Ariza berharap pasar murah yang diupayakan ini dapat meringankan beban masyarakat ketika bahan pokok di luar biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi. ”Kita harapkan semuanya berjalan baik, dan masyarakat juga dapat berbelanja dengan senang hati,” tutur Ariza.

Sementara itu, Plt Kepala Disperindag Tanjungpinang Samsudi mengatakan, operasi pasar murah ini dilakukan sebagai usaha pemerintah guna menunjang pemenuhan sembako untuk masyarakat jelang Lebaran.

”Kegiatan pasar murah merupakan atensi pemerintah untuk menjamin pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Mampu melakukan pemenuhan dengan harga murah, menjaga stabilitas harga barang pokok dan mendukung daya beli masyarakat pada perayaan hari besar keagamaan. Itu tujuan operasi pasar murah ini,” kata Samsudi.

Pada pasar murah ini, untuk satu paket bahan pokok dijual dengan harga Rp 76.500, yang terdiri dari gula pasir 3 kg, tepung terigu 2 kg, minyak 2 liter dan telur satu papan (30 butir).

”Dengan membeli sembako ini, masyarakat menghemat sekitar Rp 38 ribu. Ini sudah sangat lumayan, karena jika beli di pasaran harganya bisa ratusan ribu,” kata Samsudi.
Terkait teknis pembelian, sambungnya, masyarakat telah diberikan kupon yang dibagikan oleh kelurahan masing-masing. Jatah setiap orang dibatasi, hanya satu paket untuk satu kartu keluarga (KK).

”Jika tidak mendapatkan kupon atau lupa tarok kupon dimana, masyarakat bisa membawa fotokopi KK untuk membeli sembako murah,” terang Samsudi.
Kegiatan ini akan digelar lima hari, hingga Jumat (25/5) mendatang. ”Ada di kantor lurah dan ada di pusat keramaian. Lokasinya ada sebelas titik,” pungkasnya.(aya)


loading...