Jumat, 29 Maret 2024

Sering Mati, Daya Mesin Air Mancur Ditingkatkan

Berita Terkait

Dua oarng pengendara sepeda motor melintas di Bundara Madani Batamcenter, senin (21/5). di tugu Madani terpasang air mancur namun sayang air mancur tersebut sekarang tidak hidup lagi. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertamanan (Disperkimtan) Batam akan menambah daya mesin air mancur di Simpang Madani, Batamcenter. Kegiatan ini dilakukan agar air mancur tetap beroperasi tanpa terbatas pembagian waktu.

“Harus tambah daya, supaya hidup terus,” kata Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Disperkimtan Batam Irwan Saputra, Senin (21/5).

Ia menilai, kini mesin tersebut berdaya rendah maka tidak heran kadang mati. Menurutnya, jika dipaksakan mesin tidak akan mampu dan bisa rusak. “Lupa saya dayanya berapa, tapi memang kecil,” ucap nya.

Kini pihaknya sedang berkoordinasi dengan konsultan terkait rencana ini. Soal anggaran, Irwan mengaku tidak hafal. Namun penganggaran ini diambil dari biaya pemeliharaan rutin dan penambahan daya sedang diajukan ke PLN Batam.

“Rencananya tahun ini, air mancur akan hidup terus (tanpa pembagian waktu),” ungkapnya.

Ia mengaku, selama ini kekurangan daya adalah kendala utama operasionalisasi mein air mancur tersebut. “Makanya kami atur, pagi, siang dan sore. Mau hidupin terus, tak kuat,” katanya,

Seorang warga bengkong, Haryati mengatakan, seharusnya air mancur tersebut memang harus adi perhatian. Karena selain simpang tersebut adalah ikon, air mancur juga menambah daya tarik estetika kota.

“Padahal dulu hidup, ini kenapa mati. Di situ kan ramai, orang kalau pulang kerja tenag loh kalau lihat air,” kata dia. (iza)

Update