batampos.co.id – Maraknya aksi serangan teroris di beberapa daerah menjadi perhatian semua elemen masyarakat. Tidak tertutup kemungkinan akan terjadi daerah perbatasan seperti Provinsi Kepulauan Riau, dimana beberapa waktu lalu telah terjadi aksi terorisme di Mapolda Riau.

Iklan

Anggota DPR RI asal Kepri yang juga putra daerah Kabupaten Karimun Dwi Ria Latifa mengimbau kepada seluruh masyarakat Kepri khususnya Kabupaten Karimun agar kembali menggalakkan siskamling di kampung-kampung. Agar dapat mengantisipasi apabila terjadi yang mencurigakan di salah satu rumah warga.

“Untuk memerangi teror dari teroris harus bersama-sama, tidak dari pemerintah pusat, daerah maupun aparat keamanan. Tapi kita semua, yang diawali dari lingkungan seputar kita tinggal,” kata legislator PDIP itu, beberapa waktu lalu.

Kenapa demikian, karena apabila diharapkan apa­rat kepolisian saja, nantinya tidak memberikan pembelajaran kepada masyarakat terhadap ke­waspadaan di dalam lingkungannya. Sebab, pe­laku teroris bisa berbaur kepada masyarakat se­perti biasanya.
Kewaspadaan terhadap ling­kungan sangatlah penting terutama bagi war­ga pendatang baru di lingkungan masing-masing.

“Kita tidak bisa menduga satu keluarga bisa melakukan aksi bom bunuh diri. Nah, ini sangat-sangat diwaspadai terutama di daerah kita yang berbatasan langsung dengan negara tetangga,’’ ungkapnya.

Selain itu, terus ditingkatkan tali silaturahmi antarwarga serta menjalin komunikasi. Agar satu sama lainnya bisa mengenal dan apabila ada masalah dapat diberikan pertolongan lebih cepat. Bukan hanya menangkal teroris, tapi masalah sosial lainnya seperti sakit, KDRT dan sebagainya. ”Kepekaan dini dapat dibangun oleh masyarakat,” katanya.(tri)