Jumat, 26 April 2024

3 Maskapai Ajukan Extra flight

Berita Terkait

Sejumlah pesawat terbang saat parkir di Bandara Hang Nadim Batam, beberapa waktu lalu, F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Tiga maskapai mengajukan penambahan penerbangan atau extraflight jelang mudik lebaran idul fitri. Setiap maskapai juga tak boleh menjual harga tiket diatas ambang normal jika tak ingin dikenakan sanksi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan hasil rapat memprediksi kenaikan arus penumpang pada saat lebaran 1439 H adalah 4 persen. Karena adanya peningkatan jumlah penumpang, tiga maskapai seperti Lion Air, Cittilink dan Sriwijaya mengajukan extraflight.

  • Citilink mengajukan extraflight pada tanggal 11 -24 Juni untuk tujuan Batam-Palembang, Batam-Padang.
  • Lion Air mengajukan extraflight 1-30 Juni tujuan Batam-Pekanbaru.
  • Sriwijaya mengajukan extraflight untuk tanggal 1-30 Juni tujuan Batam-Jakarta dan Batam-Jambi.

“Prediksi kenaikan penumpang sekitar 4 persen. Perkiraan jumlah penumpang yang hendak mudik dengan maskapai 193.027 untuk 23 tujuan domestik dan satu interpersonal ke Subang,” imbuh Yusfa usai menggelar rapat bersama instansi terkait seperti pihak bandara Hang Nadim, KSOP, Agen Pelayaran, Maskapai, Basarnas, BMKG, Jajaran Polresrta Barelang dan lainnya, kemarin.

Menurut dia, seluruh maskapai juga dilarang menjual tiket diatas harga ambang normal. Apalagi Kementrian Perhubungan sudah menetapkan harga paling atas pada saat mudik, seperti untuk tujuan Jakarta harga minimal Rp 500 ribu hingga Rp 1,644 ribu, Batam- Medan mulai Rp 400 ribu hingga Rp 1,330 ribu, Batam-Padang mulai Rp 326 ribu – Rp 1,088 ribu.

“Harga itu diluar pajak dan Insurance. Jika ketahuan menjual diatas harga ambang normal maka maskapai akan dikenakan sanksi. Bisa pengurangan extraflight atau pembekuan izin. Pemberiaan sanksi dari Kementrian tentunya dengan koordinasi dari kami juga,” jelas Yusfa.

Disisi lain, ia menghimbau agar masyarakat tidak membeli tiket lewat calo. Selain menjamin keamanan, membeli lewat jalur resmi juga tidak dengan harga tinggi.

“Saat berangkat hendaknya memakai identitas asli dan jangan pake indetitas orang lain. Itu untuk alasan keamanan dan asuransi,” Jelas Yusfa.

Sementara untuk jalur laut atau pelabuhan, prediksi penumpang yang hendak berangkat 165.513 penumpang untuk berbagai tujuan domestik. Pihak agen pelayaran pun untuk semua tujuan domestik telah menyiapkan sekitar 92 armada kapal dari berbagai pelayaran dan tujuan.

“Jumlah armada itu sudah termasuk penambahan oleh agen pelayaran. Jadi dipastikan kesiapan dan shit serta kapasitas aman saat lebaran,” pungkas Yusfa. (she)

Update