Kamis, 25 April 2024

Pemudik ke Dumai Mulai Pesan Tiket Mudik

Berita Terkait

Kapal Dumai Express 16 melintas dekat Pulau Bulan, Batam. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Menjelang mudik lebaran, pemesanan tiket kapal laut di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) sudah mulai terlihat. Libur panjang kali ini banyak pemudik yang memilih angkutan laut untuk mudik bersama keluarganya.

Kepala Bidang Kapal Penumpang Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Indonesian National Shipowner Association (INSA) Batam, Asmadi mengatakan libur tahun ini cukup panjang, sehingga banyak pemudik yang memilih angkutan laut menuju kampung halamannya.

“Sudah ada beberapa yang memesan untuk keberangkatan tanggal 10, 11 dan h min satu sebelum lebaran,” kata dia, Selasa (22/5).

Ia menyebutkan hampir semua kota atau kabupaten tujuan ramai saat mudik, namun yang banyak penumpangnya itu tujuan Dumai, Buton, hingga Kuala Tungkal.

“Libur cukup panjang. Karena PNS tanggal 11 Juni sudah mulai libur,” ujarnya.

Ia menyebutkan saat ini angkutan laut masih menjadi pilihan bagi mereka yang mudik bersama keluarga. Sebab, saat ini harga untuk maskapai penerbangan sudah sangat tinggi.

“Ya, kita bisa lihat sekarang kalau pesan sudah jutaan harganya,” sebutnya.

Mengenai harga tiket mudik lebaran, Asmadi menjelaskan tidak ada kenaikan harga. Namun jika hari biasa operator memberikas diskon hingga 15 persen, khusus untuk mudik tidak lagi.

“Jadi diskonnya dicabut. Namun harga tetap sesuai dengan ketentuan gubernur seperti tahun sebelumnya tanpa ada kenaikan,” ungkapnnya.

Untuk kesiapan kapal, Asmadi menambahkan masing-masing operator sudah melakukan perbaikan kapal berkala hingga pengecekan alat keselamatan penumpang. “Semua sudah, secara keseluruhan kami tinggal menunggu arus mudik saja,” terangnya.

Ia mengimbau untuk calon pemudik belilah tiket mudik jauh hari untuk menghindari antrian saat berangkat nanti. “Tiket sudah bisa dibeli sekarang, agar nanti tak kehabisan,” tutupnya.(yui)

Update