Jumat, 29 Maret 2024

Wiski Termahal di Dunia

Berita Terkait

Dua botol wiski Macallan, yang telah berusia 60 tahun, menjadi yang termahal di dunia setelah terjual dalam lelang senilai lebih dari 2 juta dolar AS atau Rp 29,8 miliar. Hasil pelelangan di Hong Kong itu mematahkan rekor lelang dunia sebelumnya untuk minuman keras.

Kedua botol wiski, yang diproduksi produsen Macallan, sebuah tempat penyulingan wiski paling terkenal di Craigellachie, Moray, Skotlandia, terjual kepada dua pembeli terpisah.

Botol pertama, yang labelnya dirancang khusus oleh artis pop Inggris Peter Blake, terjual seharga 1,01 juta dolar atau Rp 14,2 miliar.

Botol lainnya, yang labelnya dirancang oleh seniman Italia, Valerio Adami, dijual seharga 8,63 juta dolar Hong Kong atau Rp 15,6 miliar. Ini mencatatkan rekor dunia baru untuk wiski yang dijual lewat lelang.

Jika ditotal, penjualan kedua botol senilai Rp 29,8 miliar.

Kedua botol model vintage berukuran 750 mililiter itu, disuling pada 1926 dan dikemas dalam botol pada 1986. Hanya dua belas dari masing-masing Macallan yang pernah diproduksi.

“Kedua botol ini tidak dimaksudkan untuk dijual. Mereka diberikan kepada beberapa mitra bisnis atau klien Macallan yang paling setia,” kata Daniel Lam, kepala anggur dan wiski di Bonhams Hong Kong, seperti dilansir Inquirer 19 Mei lalu.

Penjualan itu memecahkan rekor wiski sebelumnya yang terjual pada 2014. Saat itu sebotol wiski malt Macallan ‘M’ Decanter enam liter Imperiale terjual sebesar 4,9 juta dolar Hong Kong atau sekitar Rp 8,8 miliar pada lelang Sotheby di Hong Kong.(Strait Times/JPG)

Update