Rabu, 17 April 2024

Di Kecamatan Sagulung, Sehari Ada 50 Pemohon Surat Pindah

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Pengajuan surat pindah domisili di kantor Kecamatan Sagulung meningkat di bulan Ramadan. Staff pelayanan surat pindah Kecamatan Sagulung, Junita Silaban mengatakan terhitung sejak April hingga Mei pemohon surat pindah mencapai seribu lebih.

“Dalam sehari pengajuannya ada 40 hingga 50 orang,” ujar Junita saat ditemui, Rabu (23/5).

Dia mengatakan pemohon surat pindah domisili di bulan Ramadan meningkat drastis dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Warga Sagulung yang mengajukan surat pindah keberbagai wilayah, seperti daerah Sumatera, Jawa dan NTB. Menurutnya, ada berbagai faktor warganya memilih pergi dari Batam. Salah satunya masalah lapangan pekerjaan.

“Kabanyakan mereka pulang habis. Keadaannya sudah berbeda, sekarang lebih terasa sulitnya, kalau dulu masih bisa bertahan, tapi sekarang sepertinya warga lebih memilih pulang kampung,” kata Junita.

Menurutnya pengajuan surat pindah bisa saja meningkat saat mendekati lebaran. “Kondisi ini sama seperti tahun lalu. Banyak yang pulang kampung,” jelasnya.

Pantauan Batam Pos, hingga siang kemarin antrean pengajuan surat pindah masih tetap ramai. Rusmini, warga Sagulung ini memilih pulang kampung karena alasan pekerjaan. “Lapangan pekerjaan semakin sulit,” ujar perempuan yang berjualan di pasar seken ini.

Ia menyebutkan sudah berada di Batam selama delapam tahun. Bahkan ia sudah menikah dan memiliki seorang anak.

“Mending balik saja. Masih ada sawah dan ladang di kampung,” tutupnya. (une)

Update