Rabu, 24 April 2024

Imigrasi Tambah Dua Konter dan Belasan Personel di Setiap Pelabuhan

Berita Terkait

batampos.co.id – Imigrasi Batam menambah dua konter pemeriksaan maupun pengawasan di Pelabuhan Internasional Batam Centre. Penambahan tersebut, dua konter ditempatkan di kedatangan dan dua konter lagi di keberangkatan.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Imigrasi Batam, Lucky Agung Binarto kepada Batam, Kamis (24/5).

“Penambahan tersebut kami lakukan, mengingat beberapa kali long weekend atau hari besar, peningkatan jumlah yang keluar maupun yang masuk meningkat tajam. Sehingga kami minta ke pengelola pelabuhan untuk adanya penambahan konter,” ujar Lucky Agung.

Selain penambahan jumlah konter di Pelabuhan Internasional Batam Centre, lanjutnya, Imigrasi Batam juga akan menambah jumlah personel sebanyak 15 sampai 20 orang yang ditempatkan di pintu keberangkatan maupun kedatangan.

“Penambahan jumlah personel ini kami lakukan, untuk mengantisipasi 10 hari jelang Idul Fitri, biasanya pekerja migran Indonesia yang bekerja di Malaysia maupun Singapura, banyak yang pulang kampung melalui Batam,” terangnya.

Makanya Kepala Imigrasi Batam akan menambah jumlah personel di setiap pelabuhan internasional di Batam, utamanya di Pelabuhan Internasional Batam Centre.

“Kalau di Pelabuhan Internasional lainnya di luar Batam Centre, kami kerahkan personel yang selama ini bertugas di kantor untuk turun langsung membantu rekan-rekan yang berada di pelabuhan,” kata Lucky.

Sedangkan untuk permohonan pembuatan paspor, Lucky menegaskan tetap stabil, tak ada lonjakan peningkatan yang drastis.

“Kalau dalam hal penolakan berdasarkan di sistem permohon paspor via WhatUpp itu yang banyak. Kalau di pengurusannya tidak membludak, sebab sudah dibatasi by sistem,” terang Lucky Agung mengakhiri.

Untuk pembuatan paspor sendiri dalam sehari maksimal di batasi sebanyak 420 dari semua konter di Batam yang ada. (gas)

Update