Jumat, 29 Maret 2024

Karimun Hasilkan 1,3 Ton Sampah per Hari

Berita Terkait

Petugas kebersihan sedang merapikan dahan pohon di Coastal Area, Kamis (24/5). F. Tri Haryono/Batam Pos

batampos.co.id – Volume sampah yang dihasilkan di Karimun setiap harinya mencapai 1,3 ton. Jumlah itu akan terus bertambah saat men­dekati Lebaran. Belum adanya peningkatan volume sampah rumah tangga disebabkan masyarakat belum melakukan aktivitas ekstra kebutuhan rumah tangga. Seperti pembuatan kue, masakan ringan dan sebagainya.

”Seperti biasanya, volume sampah satu hari bisa mencapai 1,3 ton. Dan rata-rata satu bulan mencapai 40 ton, yang diprediksi nanti akan terjadi peningkatan volume sampah,” jelas Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Kebersihan Karimun Rosmaswati, Kamis (24/5).

Ia mengatakan, biasanya terjadi peningkatan volume sampah menjelang hari raya Idul Fitri atau sepekan menjelang Lebaran. Karena sudah menjadi tradisi masyarakat membuat kue Lebaran maupun masakan ringan. Selain itu, ada masyarakat yang membuat kue Lebaran dengan porsi besar.

”Biasanya, mereka membuat kue Lebaran di pertengahan puasa ini untuk dijual. Nah, di sini sudah kelihatan terjadi peningkatan volume sampah yang rata-rata berbentuk cangkang telor, plastik tepung maupun plastik minyak goreng,” ungkapnya.

Walau puasa, petugas kebersihan baik itu pasukan kuning, oranye, hijau termasuk petugas penerangan lampu jalan tidak ada perubahan jam kerja. Saat puasa, para petugas tersebut tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya. Hanya, saja waktunya agak lebih longgar yang penting lokasinya tetap terjadi bersih.

Pantauan di lapangan, para petugas kebersihan tetap membersihkan jalan protokol. Selain itu ada juga, yang melakukan pemotongan dahan pohon yang ada di sekitar jalan Coastal Area maupun jalan protokol. ”Insya Allah, sampailah puasa. Biasanya, satu hari bisa lima pohon saya rapikan daunnya, tapi karena puasa terbataslah,” kata salah seorang petugas kebersihan.(tri)

Update