Jumat, 29 Maret 2024

Pemko Batam Pesimis

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam pesimis dana bergulir sebesar Rp 6,5 miliar yang macet pada periode 2001 hingga 2010 tertagih sepenuhnya. Alasannya yakni peminjam sudah ada yang meninggal dan sudah pindah, sementara pada periode tersebut tidak disertakan agunan.

“Melihat kondisi yang ada, tidak akan tertagih 100 persen,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Batam, Abdul Malik.

Namun demikian, ia memastikan usaha penagihan akan terus dilakukan. Bahkan, kini pihaknya telah membentuk tim khusus untuk melakukan hal ini.

“Tetap kami kejar, sekarang kami sedang verifikasi dulu di lapangan,” kata dia.

Verifikasi yang dia maksud yakni memastikan apakah peminjam benar-benar meninggal atau pindah. Dalam hal ini, BPKAD akan berkoordinasi dengan RTRW setempat dimana peminjam tinggal. “Dari data itu akan kelihatan nanti,” imbuhnya.

Ketika ditanya berapa besar kemungkinan dana yang macet tersebut tertagih, Malik belum bisa memastikan karena harus menunggu verifikasi lapangan. Termasuk soal kapan verfikasi tersebut rampung dilakukan.

“Tunggu hasil verifikasi tim kita ke lapangan baru buat kesimpulan,” ucap dia.

Ia memaparkan, dana bergulir yang macet tersebut terjkadi pada periode 2001 hingga 2010 yang saat iutu masih menggunakan pola tanpa agunan. Sementara periode 2011 hingga kini dibawah Badan Usaha Layanan Daerah (BLUD), pengembalian terbilang lancar karena diserta agunan.

Soal jumlah penagihan, seperti yang diberitakan sebelumnya, ana yang berhasil ditagih oleh Pemko Batam melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Batam terbilang sedikit.

Sebut saja, sepanjang 2017 hanya mampu tertagih Rp 25.909.200, sementara pada tahun 2018 dari Januari hingga Maret sebesar Rp 11,7 juta. Dari total tersebut dapat disimpulkan 15 bulan belakangan hanya mampu tertagih Rp 37.609.200.

“Kami akan terus lakukan penagihan ini. Memang (peminjam dulu) sudah ada meninggal, pindah dan tak mampu bayar. Kami tagih sampai ke pulau-pulau,?kata Kepala BLUD Dana Bergulir Batam, Zul Fachri, belum lama ini. (iza)

Update