batampos.co.id – Genap memasuki hari ke 12 bulan Ramadan tahun ini, sejumlah harga bahan pangan seperti sayur mayur justru turun di Pasar Sabo Singkep. Kondisi ini tentunya sangat membantu warga lebih ringan dalam mengeluarkan uang belanja harian.

Iklan

“Iya, harga sayur mayur dan cabai pada turun semua. Bahkan seluruh harga sayur masih sama dengan harga sebelum puasa,” ujar Zul salah seorang pedagang sayur di pasar sayur Dabo Singkep, Minggu (27/5) pagi.

Zul menunjukkan harga sejumlah sayur dan cabai yang mengalami penurunan dari sebelum bulan puasa. Harga cabai merah misalnya hanya dibandrol Rp 38 ribu perkilogramnya yang sebelumnya mencapai harga Rp 48 ribu. Sedangkan cabai rawit saat ini harganya Rp 32 ribu, juga mengalami penurunan yang sama dengan cabai merah yakni terpaut Rp 10 ribu perkilogramnya dari sebelumny Rp 42 ribu.

Penurunan harga juga terjadi pada bawang merah asal India dan bawang putih. Harga saat ini untuk bawang putih Rp 24 ribu perkilogramnya yang sebelumnya dipatok pada harga Rp 28 ribu.

Sedangkan bawang asal India turun sebesar Rp 2 ribu yakni dari harga Rp 20 ribu menjadi Rp 18 ribu. Namun bawang asal Jawa masih pada harga yang sama saat sebelum bulan Ramadan yakni di harga Rp 36 ribu. “Untuk harga sayur mayur seperti terong dan sayur lainnya masih pada harga yang sama, tetap ti­dak mengalami penurunan atau kenaikan harga,” kata Zul.

Ia merasa senang dengan kondisi harga saat ini. Menurut pria yang telah berjualan puluhan tahun di pasar Dabo Singkep ini, harga yang turun mengakibatkan daya beli masyarakat semakin membaik. Namun Zul tidak mengetahui apakah kondisi seperti ini akan terus bertahan saat menjelang lebaran nanti.

“Masalah harga tetap atau tidak menjelang lebaran nanti saya tidak tahu. Jika harga murah dari agen, tentunya saya juga menjual murah,” ujar Zul mengakhiri. (wsa)