batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun bakal mengalokasikan anggaran sebesar Rp 40 miliar untuk pengaspalan jalan di empat kecamatan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 nanti. Nantinya pengaspalan jalan di satu kecamatan akan menelan anggaran sekitar Rp 10 miliar.

Empat kecamatan yang menjadi skala prioritas untuk program peningkatan akses jalan menurut Bupati Karimun, Aunur Rafiq yakni, Ungar, Buru, Belat dan Durai. Besaran alokasi anggaran pengaspalan jalan tersebut, telah disesuaikan dengan penghitungan perencanaan.

Ada beberapa faktor yang menjadi alasan besarnya anggaran yang dialokasikan untuk peningkatan akses jalan di empat kecamatan tersebut, di antaranya penggeseran alat berat yang memang memerlukan biaya tinggi.

”Jadi jika dianggarkan di bawah Rp 10 miliar, kontraktor keberatan untuk melakukan pengaspalan jalan dengan alasan biaya yang harus ditanggung besar untuk menggeser alat berat,” terang Aunur Rafiq, saat Safari Ramadan di Masjid Baitul Mubin Sungai Buluh, Ungar, Jumat (25/5).

Selain pengaspalan jalan, lanjutnya, di Kecamatan Ungar juga akan dibangun pelabuhan dan ponton untuk tahun depan. Pelabuhan dan ponton tersebut rencananya akan dibangun di Desa Sungai Buluh. ”Pembangunan pelabuhan dan ponton di Sungai Buluh dianggarkan Rp 1,3 miliar,” kata Aunur Rafiq. (Ichwanul Fazmi)

Respon Anda?

komentar