Kamis, 25 April 2024

Tanjungpinang Terbaik Ke-2 di Kepri

Berita Terkait

Dadang AG. F.Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Setelah berulang kali tertunda, Dinas Pendidikan Tanjungpinang akhirnya mengumumkan hasil pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP, Senin (25/5). Dibandingkan tahun lalu, hasil UN SMP 2018 mengalami peningkatan walau tidak signifikan.

Dari data resmi yang dilansir, diketahui hasil rata-rata UN SMP Tanjungpinang tahun ini mencapai 56,31 atau lebih baik ketimbang raihan tahun sebelumnya yang rata-ratanya hanya 55,50. Walau begitu, capaian rata-rata ini belum berhasil membawa Tanjungpinang ke peringkat pertama. Kota Batam masih menjadi yang terbaik dengan rata-rata 56,96.

Kepala Dinas Pendidikan Tanjungpinang, HZ Dadang AG mengapresiasi capaian tahun ini. Setidaknya, kata dia, prestasi terbaik kedua se-Kepri masih bisa dipertahankan. ”Toh dengan Batam juga selisihnya tipis sekali,” kata Dadang, kemarin.

Lagipun, sambung Dadang, raihan rata-rata hasil UN SMP Tanjungpinang tahun ini sudah berhasil melewati rata-rata di tingkat provinsi yang hanya 54,28. Sedangkan Kabupaten Karimun, Natuna, Lingga, dan Anambas rata-rata nilai UN SMP-nya masih di bawah rata-rata provinsi.

Adapun siswa dengan jumlah nilai terbaik dipegang oleh siswa asal Kota Batam di peringkat pertama dan kedua. Sedangkan siswa asal Tanjungpinang yang masuk peringkat 10 besar hanya dua orang. Angelina Jolie dari SMPN 5 Tanjungpinang di peringkat ketiga dan Felysia Dianni dari SMPN 1 Tanjungpinang di peringkat kedelapan.

Dadang tidak ingin lekas puas. Justru ini adalah motivasi baginya dan Dinas Pendidikan agar pelaksanaan UN SMP tahun depan bisa semakin baik lagi. ”Ya, harus begitu. Kalau soal peningkatan kualitas pendidikan tidak boleh lekas puas. Kami berjanji meningkatkan terus dari tahun ke tahun,” pungkas Dadang. (aya)

Update