Gedung Trauma Centre RSAL Dr Midiyato S. Tanjungpinang. F. Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr Midiyato Suratani Tanjungpinang telah diakui Kementerian Kesehatan RI dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya keluarga anggota TNI dan Polri. RSAL juga telah meraih Akreditasi Paripurna atau Bintang Lima dalam pelayanan dan fasilitas rumah sakit.

Kepala RSAL Dr Midiyato Tanjungpinang Kolonel Laut (K) dr Ahmad Samsulhadi mengatakan, dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat, RSAL memiliki sejumlah layanan dan fasilitas unggulan, salah satunya adalah Trauma Centre. ”Pusat trauma satu-satunya di Kepri khususnya Tanjungpinang,” jelasnya.

Fasilitas tersebut merupakan gabungan dari beberapa fasilitas rumah sakit dalam satu atap yang terintegrasi dalam satu sistem yang saling terkait. Mulai dari ambulan 24 jam, Instalasi Gawat Darurat (IGD) modern, laboratorium radiologi yang dilengkapi dengan CT-SCAN 64 Slices dan Support CT-Scan jantung, C-ARM, USG 4 Dimensi, X-Ray Mobile dan X-Ray Fixr. Tersedia juga NICU/PICU yang dilengkapi peralatan dan tenaga terlatih.
”Ada ICU (Intensive Care Unit) dengan ventilator mobile, untuk mendukung transfer pasien dari dalam maupun luar rumah sakit,” paparnya.

Selain itu, tersedia juga tiga kamar operasi untuk tindakan bedah urologi untuk batu kandung kemih, batu ginjal, dan batu cetak ginjal. Untuk tindakan bedah saraf, dapat dilakukan operasi pengangkatan tumor otak. Sedangkan untuk bedah orthopedi, dapat dilakukan penggantian sendi panggul dan lutut. ”Tersedia juga layanan rawat inap dan farmasi 24 jam,” ujar Samsul.

Ke depan, lanjut Samsul, mutu pelayanan RSAL tidak boleh berkurang dan harus meningkat serta terus berkomitmen memberikan pelayanan yang baik kepada pasien.
”Paripurna harus disejalankan dengan peningkatan budaya kerja yang baik sehingga masyarakat puas dengan pelayanan RSAL,” pungkasnya.(odi)

Advertisement
loading...