Iklan
Kadiskesal Laksamana Pertama dr. Nora Lelyana (tengah) salam komando bersama Karumkit Kolonel dr. Dwi Adang Iskandar (kanan) dan pejabat lama Kolonel dr. Ahmad Samsulhadi usai Sertijab di lapangan apel RSAL, Rabu (30/5). F. Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang kini memiliki pemimpin baru. Jabatan Kepala Rumah Sakit (Karumkit) berpindah dari Kolonel dr. Ahmad Samsulhadi ke Kolonel dr. Dwi Adang Iskandar. Serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama dr. Nora Lelyana, di lapangan apel RSAL, Rabu (30/5).

Iklan

Kolonel dr. Ahmad Samsulhadi menempati jabatan baru sebagai Kepala Lembaga Kesehatan Keangkatan Lautan. Sedangkan Kolonel dr. Dwi Adang Iskandar sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Komando Armada RI kawasan Barat (Koarmabar).

Dalam amanatnya, Laksamana Pertama dr. Nora Lelyana mengatakan, pergantian pimpinan bertujuan untuk merefleksikan semangat pembaharuan dan kaderisasi secara alami sehingga menciptakan suasana baru di lingkungan organisasi. “Akan muncul ide-ide yang inovatif dalam organisasi dari waktu ke waktu,” jelas Nora.

Pergantian pimpinan merupakan amanah kehormatan dari pemimpin TNI AL. Hal tersebut merupakan tantangan dan tugas mulia bagi pejabat baru. “Tantangan ini harus dijawab pejabat baru dengan meningkatkan kualitas dan kinerja yang efektif dan efisien,” paparnya.

Selain itu, RSAL juga telah terakreditasi paripurna. Akreditasi diberikan oleh KARS terhadap Tata Kelola Rumah Sakit yang dinyatakan telah memenuhi standar yang ditetapkan versi tahun 2012.

Akreditasi Paripurna juga bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit dengan pelayanan yang mengadopsi pada standar nasional yang memberikan jaminan keselamatan pada pasien dalam semua bentuk pelayanan kesehatan baik untuk TNI dan keluarga maupun masyarakat umum. “Pelayanan harus sesuai standar dan lebih mengedepankan safety kepada pasien,” kata Nora.

Ke depannya, Nora berharap mutu pelayanan RSAL tidak berkurang, bahkan meningkat dari waktu ke waktu dan terus berkomitmen memberikan pelayanan yang baik kepada pasien. RSAL juga terus melakukan perbaikan dan pembenahan manajemen dan pelayanan serta sarana dan prasarana. “Tantangan ke depan akan semakin rumit, jadi terus tingkatkan pelayanan yang baik,” ujarnya.

Menurut Nora, RSAL telah memberikan pelayanan sesuai standar yang ditentukan sehingga dapat memberikan pelayanan medik prima. Selanjutnya perlu peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM), peningkatan keselamatan pasien melalui disiplin kerja. “Untuk kemajuan rumah sakit, perlu adanya kerjasama yang solid,” pungkasnya.(odi/adv)