Kamis, 28 Maret 2024

Kasat Lantas Imbau Masyarakat Segera Perpanjang SIM

Berita Terkait

Ilustrasi warga mengurus perpanjangan SIM di Pelayanan Bus SIM Keliling yang parkir di pusat perbelanjaan. Pelayanan SIM Keliling ini sangat membantu masyarakat Batam. F. Immanuel Sebayang/ Batam Pos.

batampos.co.id – Kasat Lantas Polresta Barelang Kompol I Putu Bayu Pati mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Batam segera mengurus perpanjangan surat izin mengemudi (SIM), yang masa berlakunya habis selama cuti hari Raya Idul Fitri nanti.

“Selama cuti bersama, pelayanan pembuatan maupun perpanjangan SIM, ditutup. Jadi, bagi yang hendak memperpanjang maupun membuat SIM, silahkan datang sebelum libur panjang. Dan pelayanan kembali normal setelah masa cuti bersama habis,” kata Putu, Rabu (30/5).

Putu menjelaskan, jika SIM masyarakat yang jatuh tempo berlakunya di saat cuti lebaran 2018, dan baru mengurusnya setelah masa cuti itu, secara otomatis tidak bisa diperpanjang. Artinya masyarakat harus membuat SIM baru sesuai mekanisme yang juga telah ditentukan.

“Satu hari atau seminggu sebelum masa berlaku habis, sudah bisa diperpanjang. Bahkan satu bulan sebelum masa berlakunya habis dan diperpanjang itu lebih baik lagi,” tuturnya.

Kasat mengungkapkan, sebenarnya petugas Satlantas Polresta Barelang tetap bertugas selama libur lebaran. Hanya, tugas mereka dialihkan membantu pelaksanaan Operasi Ramadniya 2018, baik di arus mudik maupun balik Lebaran.

“Kami pun harus mengikuti pihak perbankan karena pembayaran perpanjangan maupun pembuatan SIM langsung ke perbankan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, masyarakat bisa melakukan perpanjangan SIM di tiga tempat yang telah ditentukan. Diantaranya, di Mega Mal Batam Center, Mal Pelayanan Publik (MPP) serta di BCS Mal. Untuk perpanjangan SIM, masyarakat cukup membawa SIM lama, bawa surat keterangan kesehatan dan membayar PNBP di bank.

“Setelah semua lengkap, kemudian dilanjutkan foto lagi. Saya tegaskan, untuk perpanjangan SIM hanya butuh waktu lima menit. Silahkan buktikan sendiri,” imbuhnya. (gie)

Update