batampos.co.id – Setelah 14 tahun Kabupaten Ling­ga berjalan, kali ini Pemkab Lingga meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan 2017. Penghargaan ini disampaikan langsung Kepala BPK Perwakilan Kepri Joko Agus Setyono.
Keberhasilan ini menunjukkan kemajuan Pemkab Lingga dalam mengolah serta melahirkan keuangan daerah.

Iklan

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran di Pemkab Lingga yang telah bersama-sama mencapai predikat ini,” kata Bupati Lingga Alias Wello, Rabu (30/5) sore.

Bupati yang akrab disapa Awe ini menambahkan, pencapaian WTP ini bukan kerja yang mudah, tetapi membutuhkan ketekunan serta perjuangan seluruh OPD yang terkait di dalamnya. Namun, pencapaian ini, sambung Awe, tidak semudah mempertahankannya.
Ia meminta kepada seluruh jajarannya agar konsisten serta memperbarui pengetahuan terkait laporan serta penggunaan dana daerah, sehingga Pemkab Lingga selalu dalam predikat WTP.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Kepri Joko Agus Setyono menyatakan kalau pemeriksaan keuangan merupakan penilaian terkait penggunaan dana daerah oleh Pemerintah daerah bersangkutan. Tujuannya agar Pemda setempat dapat menggunakan uang negara dengan semestinya dan sesuai dengan aturan yang ada.

“Kepatuhan terhadap laporan keuangan daerah sesuai dengan UU no 15 terhadap keuangan daerah perlu adanya jawaban sebagai tindaklanjut terhadap hasil pemeriksaan,” ujar Joko Agus Setyono. Dia juga mengatakan hasil pemeriksaan merupakan dorongan dan motivasi terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah.(wsa)