Sabtu, 20 April 2024

PSB Belum Pakai Sistem Online

Berita Terkait

batampos.co.id – Penerimaan siswa baru (PSB) akan dilakukan serentak bulan depan. Tetapi PSB di tingkat SD dan SMP negeri di Kabupaten Karimun belum menerapkan sistem online. Pendaftaran PSB masih menggunakan cara manual menggunakan formulir kertas.

”Tahun lalu kita sudah berencana uji coba PSB secara online untuk tahun ini. Namun, hal ini belum bisa dilakukan, sebab kita harus menyiapkan perangkat dan aplikasinya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karimun Bakri Hasyim, Rabu (30/5).

Dia berharap bisa menyiapkan fasilitas PSB online untuk tahun ajaran tahun depan. Minimal bisa dilakukan uji coba terlebih dulu. Selain itu, PSB tahun ini masih menerapkan sistem zonasi.

Sitem zonasi dibuat untuk mencegah bertumpuknya minat hanya pada satu sekolah. Dengan zonasi diharapkan penerimaan siswa bisa merata di setiap sekolah negeri.
”Zonasi masih tetap diberlakukan. Namun jika ada pelajar yang tinggal di Tebing tetapi ingin sekolah di SMP Kecamatan Karimun bisa saja dilakukan. Dengan catatan surat domisili harus dilampirkan,” kata Bakri.

Surat domisili harus berada dalam zonasi sekolah yang ak­an dilamar. Misalnya, bisa ada anak dari Tebing yang ingi­n bersekolah di Kecamatan Karimun, maka bisa meng­gu­nakan surat domisili keluar­ga yang alamatnya ada dalam zonasi sekolah yang dituju.
Bakri juga menjelaskan bah­wa tidak ada pungutan uang pen­daftaran untuk Sd da SMP ne­geri. Jika ada se­kolah yang meminta dana, wali murid bisa me­lapor­kannya ke Dinas Pendidikan untuk ditindak. (san)

Update