Jumat, 19 April 2024

Siswa Boleh Daftar Dua Sekolah

Berita Terkait

Murid SDN 018 Sagulung mengikuti kegiatan sekolah
F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang akan dibuka awal Juli mendatang, siswa boleh memilih dua sekolah pilihan yang ada di zonasi mereka.

“Mereka pilih dua, jadi kalau tak terima di sekolah A mereka bisa jadi ke sekolah B,” kata Hendri, Rabu (30/5).

Ia menyebutkan pilihan dua sekolah ini diharapkan bisa membantu siswa mendapatkan ruang kelas, khususnya untuk sekolah negeri. Bukan hal baru lagi jumlah pendaftaran siswa di sekolah negeri selalu membludak.

Untuk persiapan PPDB, Hendri mengungkapkan masih dalam proses penyelesaian. Beberapa hal yang tengah disiapkan diantaranya sistem yang akan digunakan saat mendaftar nanti. Jika menerapkan sistem online tentu operator PPDB harus diberikan pembekalan dan sebagainya.

“Juknisnya sudah masuk tahap finalisasi,” ujarnya.

Hendri menjelaskan akan segera membahas PPDB ini bersama kepala sekolah yang ada di Batam. Ada banyak hal yang harus disampaikan agar PPDB bisa berjalan dengan baik termasuk syarat mendaftar, waktu pendaftran hingga proses daftar ulang nantinya.

Tahun ini, lanjutnya PPDB untuk tingkat SD dan SMP negeri akan menerapkan sistem zonasi. Mereka yang tinggal dekat sekolah akan menjadi prioritas untuk diterima. “Nanti sistemnya per kelurahan,” imbuhnya.

Jika satu wilayah tidak memiliki sekolah negeri, maka akan mendaftar di sekolah yang terdekat dari kelurahan dimana mereka tinggal. “Sekolah tetangga bisa dikatakan seperti itu. Sistem ini memudahkan lah nantinya,” tambah Hendri.

Mengenai daya tampung sekolah, Hendri mengatakan jika sekolah swasta dan negeri bersatu tidak ada masalah. Peran orangtua sangat dibutuhkan saat PPDB nanti. Ia berharap PPDB bisa berjalan dengan lancar. “Jangan ada masalah saja. walaupun sekolah negeri sering menjadi paling ramai pendaftarnya,” sebutnya.

Ia menjelaskan mengenai petunjuk tenkis (juknis) PPDB, pihaknya akan membahas hal ini bersama kepala sekolah se Batam besok (hari ini, red). Satu hal yang sudah pasti PPDB akan dibuka online. (yui)

Update