batampos.co.id – Hingga pertengahan bulan Ramadan ini, harga ikan mulai melonjak naik di Pasar Tradisional Ranai. Saat ini harga ikan tongkol dijual pedagang mencapai Rp 60 ribu per ekor, yang biasanya Rp 25 ribu per ekor. Sementara harga daging bertahan Rp 140 ribu per kilogram (kg) yang biasanya dijual Rp 120 ribu per kg. “Dari nelayannya juga sudah tinggi,” ujar Udin, pedagang ikan di pasar tradisional Ranai.

Iklan

Naiknya harga ikan di pasar tradisional belum diketahui penyebab pastinya. Kondisi ini sudah mulai dirasakan se­jak awal puasa lalu. Biasanya kenaikan harga ikan ini dipengaruhi cuaca. Jika cuaca eks­trem maka ikan cenderung naik. Namun, berdasarkan pantauan perakiraan cuaca BMKG Ranai, kondisi cuaca di wilayah Natuna saat ini cen­derung hujan.

Prakirawan BMKG Ranai Asrul Saparudin mengatakan, secara umum di wilayah Natuna masih sering terjadi pembentukan awan menyebabkan hujan bersifat lokal. Kondisi cuaca, katanya, dipengaruhi adanya daerah pertemuan angin yang disebabkan masih bertahannya daerah tekanan rendah yang ma­sih bertahan di perairan Natuna dan Karimata, sehingga menyebabkan curah hujan dengan intensitas ringan-lebat dapat terjadi di wilayah Natuna. ”Tinggi gelombang laut Natuna saat ini berkisar antara 1 meter hingga 1,75 meter,” ujarnya.(arn)